Lestarikan Budaya Sunda Lewat “Gubernur Saba Lembur”

13/09/2012 0 Comments

Sesi dialog H. Ahmad Heryawan, Lc., / Gubernur Jawa Barat bersama si Cepot saat diabadikan HR pada acara Gubernur Saba Lembur, Sabtu 08/09 di alun-alun Kawali. Foto : Edji Darsono/HR.

Kawali, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka melaksanakan program rutin Provinsi Jawa Barat, “Gubernur Saba Lembur”, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, menghibur masyarakat Tatar Galuh Ciamis dengan seni budaya lokal pagelaran wayang golek, Sabtu (8/9), di bilangan alun-alun Kawali.

Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan, Lc., pada sesi dialog Cepot dan Gubernur, mengatakan, agar seluruh masyarakat Tatar Galuh Ciamis bisa mewujudkan lima wajah utama Jabar, yang mencakup sehat, terdidik, memiliki daya saing (High Competitive), memiliki dimensi keseimbangan, disertai iman dan taqwa.

Menurut Aher, digelarnya seni budaya lokal pagelaran wayang golek, diharapkan dapat menjadi perekat silaturahmi pemerintah dengan masyarakat, sehingga tidak ada jarak/ stratifikasi sosial.

Terkait dengan lima wajah utama Jabar, Aher menandaskan, masyarakat tidak ada alasan untuk tidak masuk sekolah. Menurut dia, 5 pilar / wajah utama Jabar bisa melahirkan suatu perubahan kalau masyarakatnya pintar.

Sekda Kab. Ciamis, Drs. H. Herdiat, MM., dalam sambutannya, mengatakan, program provinsi Jawa Barat melalui kegiatan “Gubernur Saba Lembur” perlu diapresiasi. Terlebih Pemprov. Jabar banyak memberikan bantuan untuk Kab. Ciamis.

Bagi Herdiat, kegiatan tersebut menjadi ajang untuk silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat. Selain itu, acara itu juga menjadi salah satu upaya dalam melestarikan budaya lokal sunda.

Pada kesempatan itu, Daday Dipradja, Budayawan asal Kawali, mengatakan, Pemprov Jabar sudah banyak membantu Kab. Ciamis, melalui program infrastruktur atau suprastruktur. Namun begitu, Kawali masih menanti bantuan serupa, untuk kemajuan wilayah tersebut.

Pokja DPRD Provinsi Jabar, Lilis, mengatakan, program “Gubernur Saba Lembur” merupakan program rutin provinsi, sekaligus memperkenalkan seni budaya lokal pada masyarakat Tatar Galuh Ciamis. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!