MTs Rancah Nantikan Status Negri

06/09/2012 0 Comments

MTs Rancah berharap segera berubah status jadi MTs Negeri. Keinginan itu dalam rangka mewujudkan impian masyarakat untuk memiliki lembaga pendidikan menengah yang lebih representatif. Foto : Deni Supendi/HR.

Rancah, (harapanrakyat.com),- Madrasah Tsanawiyah (MTs) Rancah, Kecamatan Rancah Kab. Ciamis menantikan perubahan status dari madrasah swasta menjadi negeri. Pasalnya saat ini, proses penegrian MTs Rancah tersebut sudah mulai berjalan.

Wakamad Bidang Kesiswaan, Maman Surahman, ketika ditemui HR, Jum`at (31/8), mengatakan, bulan ini pihak sekolah sudah mengajukan penegrian, dengan membuat proposal yang kemudian dikirim ke Kementrian Agama (Kemenag) Pusat, melalui Kemenag Ciamis.

Lebih lanjut, Maman menuturkan, syarat untuk penegrian MTs sudah komplit. Diantaranya, jumlah Rombongan Belajar (Rombel) tidak kurang dari 10, termasuk bukti persetujuan dari masyarakat, seperti Komite, tokoh masyarakat, warga sekitar Madrasah, MUI dan pihak Yayasan Roudlatul Muta`allimin.

“Sementara, pihak MTs juga sudah menentukan panitia penegerian, yang diketuai oleh Didi Rasidi, dari anggota DPRD Kab. Ciamis,” ungkapnya.

Menurut Maman, pihaknya sangat optimis, jika MTs Rancah sudah berstatus Negeri, MTs akan lebih maju, kemudian perhatian dan pembangunan madrasah akan lebih diprioritaskan oleh pemerintah.

Maman juga menceritakan, MTs Rancah berdiri pada tahun 1985. Kemudian, pada tahun 1990, karena anjuran persyaratan yang diharuskan pihak pemerintah, MTs Rancah bergabung ke Muhammadiyah.

Namun, karena kurangnya perhatian dari pihak pengurus Muhammdiyah Kab. Ciamis, pada tahun 2009, MTs Rancah keluar. Setahun kemudian, MTs Rancah bergabung ke Yayasan Raudlatul Muta`allimin.

“Dan tahun ini, berkat dukungan berbagai pihak, termasuk Yayasan Roudlatul Muta`allimin, MTs Rancah direkomendasikan untuk merubah status dari swasta menjadi MTs Negeri,” pungkasnya. (deni)   

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!