Sekolah Wajib Miliki Ruangan UKS

27/09/2012 0 Comments

Sejumlah tenaga Guru sedang meninjau ruang UKS SMP N 1 Panawangan. Sekolah ini sukses mewakili Kab. Ciamis sebagai lomba sekolah sehat se- priangan. Foto : Dian Sholeh WP/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Semua sekolah dari mulai Taman Kanak-kanak (TK), sampai Sekolah Menengah Atas SMA/ SMK) di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis wajib memiliki ruangan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Karena Pembinaan dan pengembangan UKS merupakan upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah dan bertanggung Jawab.

Hal tersebut dikatakan Plt. Kadisdik Kab. Ciamis, Tatang S.Ag., M.Pd., melalui Kabid PO, Uun K, saat menghadiri lomba sekolah sehat Se-Priangan, Jumat (21/09), di SMPN I Panawangan.

Uun mengatakan, keberadaan UKS menjadi salah satu upaya dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan dan membimbing untuk melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan peserta didik sehari-hari.

Lebih lanjut, Uun menuturkan, SMPN 1 Panawangan mewakili Kab. Ciamis dalam Lomba sekolah sehat Se-Priangan. Karena sekolah tersebut telah lolos bersaing dengan sekolah yang lainnya.

Menurut Uun, SMPN I Panawangan sudah memenuhi standar sekolah sehat. Diantaranya, memiliki ruangan UKS berikut fasilitas didalamnya, ruang perpustakaan, ruang Ibadah, ruang kelas, dan kebersihan ruang UKS.

Sementara itu, Tim penilai lomba sekolah sehat dari Jabar, Yusuf Ismail, mengatakan, penilaian dalam lomba sekolah sehat yaitu dilihat dari administrasi, wawasan, dan fasilitas serta Trias UKS (Pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan hidup sehat).

Yusuf menjelaskan, komponen penilaian itu meliputi, kebersihan ruang kepala sekolah, perpustakaan, ruang ibadah, ruang kelas, ruang uks, warung sekolah, tempat air bersih, peserta didik, hingga manajmen sekolah.

“Ada 104 sekolah dari mulai SD sampai SMA, yang mengikuti lomba sekolah sehat. Dan ini merupakan program pemerintah, pengumuman pemenang lomba sekolah sehat Se-Priangan rencananya akan diumumkan awal Oktober,” tuturnya.

Kabid Bina Kesehatan Masyarakat, Rahmat, menambahkan, dalam melaksanakan Trias UKS, pihaknya melalui puskesmas di ringkat kecamatan terus mengadakan pembinaan ke setiap sekolah dalam menciptakan kesehatan di lingkungan sekolah.

Semenatara itu, Kepala SMPN I Panawangan, mengaku masig banyak fasiltas sekolah yang perlu dilengkapi, meski sekolahnya dinyatakan bisa lolos dan mewakili Kab. Ciamis di ajang lomba sekolah sehat Se- Priangan. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!