250 Siswa SMAN 3 Ciamis Ikuti Tes Urine

05/10/2012 0 Comments

(Cegah Peredaran Narkoba)

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab Ciamis sedang meng-tes siswa SMA N 3 Ciamis. Sedikitnya 250 Siswa kelas XII SMAN 3 Ciamis mengikuti tes urin tersebut. Foto : Dian Sholeh WP/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sedikitnya 250 siswa kelas XII SMAN 3 Ciamis mengikuit tes urin yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab Ciamis. Kegiatan tes urin tersebut merupakan upaya Preventif dalam mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar tingkat SMA.

Kepala BNN Kab. Ciamis, drg. Engkan Iskandar MM, melalui Kasie Pemberdayaan Masyarakat, Aris S.Sos,. beberapa waktu lalu, mengatakan, diselenggarakannya tes urin bagi peserta didik atau pelajar, setidaknya agar pelajar enggan mencoba-coba jenis narkotika apapun.

Aris menuturkan, seluruh pelajar kelas XII diambil sempel urin, kemudian diteliti dengan menggunakan alat khusus yang terdiri dari 4 jarum parameter. Tujuannya untuk mengetahui apakah peserta didik  tersebut menggunakan jenis narkotika kokain, ampetamin, ganja, ataupun morvin.

Menurut Aris, tes urin akan terus digelar ke berbagai sekolah Se-Kabupaten Ciamis, dengan dibagi 4 zona, diantaranya Ciamis sebealah barat, Ciamis timur, Ciamis Selatan, dan Ciamis Utara.

Dia juga mengakui, BNN Kab. Ciamis baru melaksanakan kegtan tes urin di dua sekolah, yaitu SMAN Cihaurbeuti dan SMAN 3 Ciamis. Itu artinya masih ada empat sekolah lagi yang belum tersentuh karena targetan untuk tahun 2012 sampai 6 sekolah.

“Dalam tes Urin bagi pelajar bilamana kami mendapatkan peserta didik yang terindikasi positif memakai narkoba, kami akan merahasiakannya, dan berkoordinasi dengan Instansi tersebut. Maksudnya apakah akan direbilitasi atau tidak. Akan tetapi untuk SMAN 3 Ciamis ketika dikonfirmasi seusai acara semua peserta didik hasilnya Negatif,” ujarnya.

Risna (17), Siswa kelas 12 IPS, mengatakan, walaupun Tes Urin baru pertama dirasakan, akan tetapi dia tidak merasa takut dan cemas. Karena dia merasa belum pernah terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Dia berharap, sosialisasi atau pun tes Urin harus terus dilakukan oleh BNN Kab Ciamis, dengan harapan kedepan pelajar Ciamis khususnya tidak terbawa pergaulan bebas, terutama dalam penyalahgunaan obat terlarang seperti Narkoba.

Kepala Sekolah SMAN 3 Ciamis, Rachmat M.Pd., mengaku sangat mendukung positif  kegiatan tes urin dan sosialisasi yang dilaksanakan BNN Kab. Ciamis. Menurut dia, acara tersebut menjadi suatu keharusan untuk pengecekan terhadap peserta didik dalam penyalahgunaan narkoba, dan ini juga merupakan sebuah Warning supaya tidak terlibat dalam pergaulan bebas. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!