AMPEL Bentuk Tim, Pantau Alokasi Anggaran Jalan

05/10/2012 0 Comments

(Setelah Sepekan Gelar Demo Besar-besaran)

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Setelah pekan lalu menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran ke Gedung DPRD Ciamis, yang menuntut pengalokasian anggaran untuk perbaikan sejumlah ruas jalan di Kecamatan Langkaplancar yang mayoritas kondisinya rusak parah,  Aliansi Masyarakat Peduli Langkaplancar (Ampel) kini akan melakukan pemantauan terhadap proses penganggaran pada pembahasan APBD-perubahan Ciamis 2012 dan pembahasan APBD Ciamis tahun 2013

Koorlap Ampel, Anton Rahanto, mengatakan, demo besar-besaran tersebut merupakan ulangan dari demo serupa yang dilakukan pada tahun 2004 silam. Setelah terbentuknya tim pemantau alokasi anggaran  tersebut, pihaknya akan melihat bagaimana keberpihakan Pemkab Ciamis melihat kondisi kerusakan jalan di Lankaplancar yang mereka nilai sudah rusak parah.

“ Infrasturktur jalan masuk dan jalan di dalam kecamatan yang rusak parah seperti tak pernah diperhaatikan oleh Pemkab Ciamis. Padahal potensi ekonomi di daerah Langkaplancar seperti Albasiah dan hasil bumi, banyak dibutuhkan oleh masyarakat Ciamis dan luar Ciamis,” tandasnya, kepada HR, Selasa (2/10).

Anton mengatakan perencanaan pembangunan Kabupaten Ciamis harus benar –benar memenuhi unsur skala prioritas. “ Kami tahu jika anggran belanja pegawai Pemkab Ciamis lebih besar dari anggaran belanja publiknya, akan tetapi Pemkab harus melihat skala prioritas mana yang harus didahulukan,” imbuhnya.

Selain akan memantau terus upaya pengalokasian anggaran jalan untuk Kecamatan Langkaplancar, pihaknya pun menuntut Pemkab untuk mensosialisakan anggaran pembangunan jalan tersebut ke seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis.

Senada dengan Anton, Ketua Ampel, Kunkun Herawanto, mengatakan Pemkab Ciamis harus menyadari keberadaan Langkaplancar masih bagian dari wilayah Kabupaten Ciamis, baik secara administratif maupun politis.

“ Kami masih warga NKRI, namun jangan jadikan Langkaplancar sebagai beban  oleh Pemkab Ciamis. Kalau paradigmanya seperti itu, biarkan kami bersikap untuk menentukan masa depan kami sendiri,”tegasnya.

Sementara itu, sumber HR di Pemkab Ciamis menyebutkan Pemkab saat ini tengah memformulasikan konsep anggaran untuk alokasi pembangunan jalan di Kecamatan Langkaplancar.

Dari hitungan sementara, yang akan dialokasikan pada perubahan anggaran tahun 2012 ini, untuk anggaran pembangunan jalan di Kecamatan Langkaplancar sebesar Rp. 3,8 milyar.

Anggaran itu diperuntukan guna membangun jalan poros Pangleseran- Cibatu (dari arah jembatan Juraga), poros Karangkamiri-Pangleseran (dari arah Karangkamiri), Poros Gunungkelir-Bojongkondang, Poros Angsana -Gunungkelir, Poros Cibatu- Ciwilis (dari arah Curug Bilik),  poros Cikupa- Karangkamiri (dari dari arah Karang kamiri), dan Poros Cidolog-Jelegong.

Sementara data yang dilansir Pemkab tentang statistik kerusakan jalan di Kecamatan Langkaplancar memang sangat memprihatinkan. Kerusakan jalan dengan kondisi  rusak berat  sepanjang 72, 29 km, kondisi rusak ringan sepanjang 6,5 km, kondisi sedang sepanjang 24, 50 km. Dan kondisi baik, hanya sepanjang 27, 81 km. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!