Curah Hujan Tinggi, Warga Langkaplancar Dihantui Longsor

25/10/2012 0 Comments

Warga sedang membersihkan halaman rumah yang masih ditutupi tanah longsor. Akibat curah hujan yang tinggi, tanah tebih di sekitar pemukiman penduduk berpotensi mengancam keselamatan. Foto : Ntang/HR.

Langkaplancar, (harapanrakyat.com),- Tebing setinggi enam meter di Dusun Wangkal Ronyok Desa Bangunkarya Kecamatan Langkaplancar Kab. Ciamis Jawa Barat longsor. Peristiwa itu terjadi lantaran curah hujan yang mengguyur daerah tersebut tergolong tinggi.

Akibat kejadian tersebut, sedikitnya 37 rumah yang berada di sekitar tebing tersebut rusak karena tertimpa longsoran tanah. Bahkan saat ini, belasan rumah warga lainnya, terancam adanya longsor susulan.

Irin, warga setempat, Minggu (21/10),  mengatakan, hujan yang mengguyur wilayah Langkaplancar membuat tebing setinggi enam meter yang berada di sekitar pemukiman warga tersebut labil dan akhirnya longsor menimpa rumah mereka.

Sementara itu, Camat Langkaplancar, Rajiman, membenarkan, 37 rumah warganya tertimpa longsoran tanah tebing yang berada di sekitar pemukiman penduduk. Bahkan, belasan rumah lainnya, kata dia, juga terancam tertimpa longsor susulan.

Rajiman menyebutkan, selain di Desa Bangunkarya, longsor juga terjadi di wilayah Desa Jatikarya. Di daerah ini, tanah tebing setinggi hampir 100 meter juga menimpa sebuah rumah, kebun warga dan jalan raya.

Meski begitu, kata Rajiman, hingga sekarang, tidak ada laporan korban jiwa akibat longsor tersebut. Tapi yang pasti, kerugian materi akibat peristiwa tersebut mencapai ratusan juta rupiah. (ntang)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply