Dalam Menunjang Daya Tarik Bagi Kota Banjar

05/10/2012 0 Comments

(Peranan Pariwisata)

Oleh : ERI K. WARDHANA

Dalam rangka menunjang perkembangan dan pertumbuhan kota secara komprehensif, maka sektor pariwisata di Kota Banjar ini, harus terus digali dan dikembangkan keberadaannya. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan adanya suatu kerja sama yang baik dan sinergi antara pihak Pemerintah Kota Banjar, DPRD dengan masyarakatnya.

Keberadaan pariwisata di Kota Banjar, harus diupayakan dengan menciptakan beberapa kegiatan yang diterapkan dalam sistem wisata terpadu, artinya dalam hal ini antara kegiatan yang satu dengan lainnya harus dalam konsep saling mendukung untuk kemudian dapat saling menguntungkan. Dalam hal ini diharapkan dapat menjadikan orang-orang lebih tertarik untuk kemudian mau untuk singgah di Banjar sebelum akhirnya melanjutkan perjalannya, ataupun tidak menutup kemungkinan dapat menjadikan Banjar sebagai suatu tujuan wisata. Adapun beberapa kegiatan yang bisa dijadikan peluang dalam sektor pariwisata yang dapat dikembangkan di Kota Banjar, diantaranya :

WATER PARK–TAMAN BERMAIN ANAK–HIBURAN KELUARGA-WISATA AIR

Keberadaan Obyek Wisata Water Park di Kota Banjar sampai dengan saat ini, sudah dapat dirasakan manfaatnya bagi perkembangan Kota Banjar dan ada pengaruhnya bagi peningkatan sektor perekonomian masyarakat yang terdapat di sekitarnya. Sudah barang tentu terdapat pemasukkan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banjar.

Akan tetapi alangkah lebih baiknya, apabila Water Park ini dapat disatukan dengan Konsep Taman Bermain Anak , sarana hiburan Keluarga lainnya dan Wisata Air di sepanjang DAS Citanduy. Maksudnya dalam hal ini adalah pada kawasan Obyek Wisata Water Park ini, di buka juga tempat untuk Taman Bermain Anak yang dilengkapi dengan berbagai wahana/permainan. Akan tetapi dengan mengedepankan konsep Pembangunan yang Berwawasan Lingkungan, artinya dalam hal ini pada areal tersebut, dilengkapi dengan tanaman dan taman. Sehingga akan membuat nyaman, aman dan berkesan bagi para pengunjungnya.

Selanjutnya pada kawasan yang masih di sekitar Obyek Wisata Water Park ini, diciptakan suatu rekreasi Wisata Air, dengan memanfaatkan keberadaan DAS Citanduy. Hal tersebut direncanakan dengan mempergunakan Perahu yang dapat memuat beberapa orang, akan tetapi dengan mengedepankan faktor keamanan dan kenyamanan bagi pengunjungnya. Adapun untuk lokasinya dapat dimulai dari Kawasan Water Park ini sampai dengan Doboku.

REST AREA TERPADU

Sejalan dengan keberadaan Kota Banjar pada Jalur Transportasi Jalan Nasional Lintas Selatan yang merupakan suatu daerah perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah, juga ditunjang dengan suatu kenyataan bahwa Banjar itu dilewati oleh orang – orang yang akan menuju ke Obyek Wisata Pangandaran. Maka dalam hal ini secara otomatis Banjar itu menjadi suatu kota segitiga, yang diharapkan pada akhirnya nanti menjadi suatu Segitiga Emas. Dalam hal ini dipandang perlu untuk membuat suatu Rest Area Terpadu dengan locus di sekitar daerah perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Dasar pemikiran kenapa harus ditempatkan disekitar daerah tersebut, adalah dikarenakan pada lokasi dimaksud merupakan Pintu Gerbang bagi Kota Banjar khususnya dan Provinsi Jawa Barat pada umumnya.

Konsep Rest Area Terpadu yang dimaksud di sini adalah menciptakan suatu tempat untuk beristirahat bagi para pengguna jalan raya dengan jaminan keamanan, kenyamanan, ketertiban dan keindahan sehingga membuat orang-orang yang pernah singgah ke tempat ini menjadi terkesan. Adapun pada Rest Area Terpadu di Kota Banjar ini, diharapkan dilengkapi oleh Tempat Parkir yang luas; Mesjid; Joglo-joglo untuk beristirahat; Pom Bensin; Tempat Cuci Kendaraan bermotor; Rumah Makan; Kedai Kopi; Bengkel Kendaraan bermotor; Tambal Ban Kendaraan bermotor; Mini Market; Tempat Pijat / Refleksi; Kios – kios untuk para pedagang; Sarana Hiburan; Kios Produk unggulan Kota Banjar; Kamar Mandi dan Toilet; Pos-pos keamanan.

Sedangkan dengan diterapkannya konsep Rest Area Terpadu diharapkan akan menjadi suatu Vallue Added  bagi Rest Area tersebut, sehingga akan menjadi daya tarik bagi orang untuk dapat singgah dan beristirahat di sana.

LAPANG GOLF CITANDUY

Lapang Golf Citanduy merupakan salah satu faktor pendorong bagi orang-orang untuk dapat datang ke Kota Banjar, alangkah baiknya kalau lebih ditingkatkan kapasitas dan keindahannya juga ditunjang oleh berbagai produk jasa di sana, seperti rumah makan, cafetaria/kedai kopi, ada live musik atau tempat hiburan lainnya, gedung serbaguna yang luas dan refresentatif dan diciptakan faktor-faktor pendukung lainnya.

Dengan demikian, diharapkan akan dapat lebih lagi dalam hal menarik orang untuk dapat datang ke tempat ini.

KAWASAN DOBOKU

Kawasan Doboku, yang sudah menjadi tempat berdagang oleh masyarakat, kemudian juga telah dipoles dan dipercantik oleh BBWS Citanduy-Ciwulan dan disempurnakan oleh Pemkot Banjar melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi adalah merupakan suatu taman kota yang dilengkapi dengan mesjid, lapang olahraga, tempat bermain anak, toko dan tempat kuliner pada akhirnya merupakan suatu tempat yang dapat menjadi pendorong bagi orang-orang untuk dapat datang ke Kota Banjar. Akan tetapi yang musti terus diingat untuk kemudian diimplementasikan adalah konsistennya pada konsep “River front Citty ”. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply