Dewan Pembina PaSeBBan Sambut Baik Keinginan Seniman

11/10/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Terkait dengan adanya desakan dari para seniman yang menginginkan agar Ketua Paguyuban Seni dan Budaya Banjar (PaSeBBan) secepatnya diganti, serta keberadaan wadah tersebut dikembalikan lagi seperti semula, disambut baik oleh Endang Tumaritis, selaku Dewan Pembina PaSeBBan, sekaligus mantan Ketua Paseban pertama.

Ketika ditemui HR di rumahnya, Senin (9/10), Endang mengakui bahwa memang sekarang ini PaSeBBan dinilai terlalu ingin tahu lebih dalam urusan yang ada di pemerintahan, khususnya di Bidang Kebudayaan dan Pariwisata  Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika dan Pariwisata (Dishubkominpar) Kota Banjar.

Namun menurut dia, PaSeBBan jangan dibubarkan tetapi harus dibenahi supaya sesuai dengan fungsinya, yakni sebagai wadah yang mempersatukan semua seniman yang ada di Kota Banjar, baik dari tradisional maupun modern.

²Peran Dewan Pembina sebagai orang tua tentu harus mengingatkan dan membenarkan jika ada yang salah. Karena benar itu bukan menurut sendiri, tetapi benar itu harus pendapat umum, artinya penilaian orang lain. Untuk itu rencananya dalam minggu-minggu ini akan diadakan rapat antara Dewan Pembina dan pengurus harian PaSeBBan membahas masalah yang sedang terjadi,² katanya.

Diakui Endang, bahwa apa yang telah dilakukan Ketua PaSeBBan, yakni mengenai isi surat yang dilayangkan ke Pihak Dishubkominpar Kota Banjar, maupun ke provinsi dan Walikota Banjar, memang dinilai sebagai sikap yang memalukan.

Pasalnya, hal tersebut terlalu berlebihan, padahal PaSeBBan hanyalah organisasi kecil yang keberadaannya hanya ada di Kota Banjar. Dengan demikian, dirinya sebagai Dewan Pembina telah meminta maaf kepada Bidang Budpar Dishubkominpar Kota Banjar atas kejadian tersebut.

²Kami juga setuju dengan keinginan dari para seniman. Untuk itu, mari kita kembalikan lagi ke semula, karena dari tulisan PaSeBBan yang sekarang pun memang sudah salah. Seharusnya Panglawungan Seniman Banjar, dengan penulisan singkatannya Paseban,² pungkas Endang. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply