Kota Banjar Miliki 5 Masalah Kondisi Sanitasi Permukiman

31/10/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Guna merealisasikan program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP), Pokja Sanitasi Kota Banjar mengadakan kegiatan Konsultasi Publik Buku Putih Sanitasi Kota Banjar tahun 2012, yang di dalamnya memaparkan tentang tahapan pelaksanaan PPLS.

Kegiatan tersebut selain dihadiri anggota Pokja Sanitasi yang terdiri dari Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Kesehatan, Dinas Kebersihan, Pertamanan, Pemakaman dan Lingkungan Hidup (DKPLH), Dinas PU, serta Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informatika dan Pariwisata (Dishubkominpar), juga diikuti oleh seluruh kepala desa/kelurahan se-Kota Banjar, bertempat di Aula Bappeda Kota Banjar, Rabu (31/10).

Sekretaris Daerah Kota Banjar, sekaligus Ketua Pokja Sanitasi, drh. H. Yayat Supriyatna, mengatakan, program PPSP merupakan program pembangunan sanitasi yang terintegrasi dari pusat hingga ke daerah, melibatkan stakeholder baik dari kalangan pemerintah dan non pemerintah di seluruh tingkatan.

²Buku putih adalah dokumen yang menggambarkan karakteristik dan kondisi sanitasi wilayah suatu kota. Kemudian, prioritas pengembangan ditetapkan oleh Pemerintah Kota dan masyarakat kota. Buku putih juga merupakan bagian dari tahapan penyusunan program PPSP yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat pada tahun 2009,² kata Yayat.

Selain itu, lanjut dia, buku putih menjadi baseline data, terkait kondisi sanitasi kota mutakhir yang akan digunakan dalam penyusunan Strategi Sanitasi Kota (SSK), serta untuk keperluan pemantauan dan evaluasi pembangunan sektor sanitasi.

Permasalahan sanitasi di Kota Banjar berdasarkan hasil survey Penilaian Risiko Lingkungan (Environmental Heath Risk Assessment/EHRA) tahun 2012, yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Banjar diantaranya, kondisi layanan air limbah domestik, persampahan, drainase lingkungan, air bersih, serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). . (Eva/R3)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!