KPU Sosialisasi Pilgub bagi Pemilih Pemula

11/10/2012 Berita Ciamis
KPU Sosialisasi Pilgub bagi Pemilih Pemula

Ketua KPU Kab Ciamis, Nanang Herdiana menyerahkan piala dan juga uang tunai bagi juara satu lomba cerdas cermat tentang kepemiluan. Foto : Eli Suherli/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Ciamis menyelenggarakan sosialisasi di setiap pelosok daerah, mulai daerah pemilihan (dapil) satu hingga lima, tentang pemilu pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang akan berlangsung tahun depan.

Saat ditemui HR, Ketua KPU Kab. Ciamis, Nanang Herdiana S,E, Sabtu (7/10), mengatakan, dengan kegiatan sosialisasi tentang Pilgub 2013, para pemilih, terutama pemilih pemula bisa turut serta dalam agenda pemilu mendatang.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi tentang tata cara pemilihan dalam Pilgub, serta mengenalkan kegiatan KPU kepada para pemilih pemula,” ungkapnya.

Nanang menjelaskan, sosialisasi tersebut salah satunya dikemas dengan acara cerdas cermat bagi siswa tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dari setiap Dapil, KPU meminta dua perwakilan kelompok (berisi 10 anggota) untuk mengikuti cerdas cermat.

Menurut Nanang, materi yang diberikan kepada peserta cerdas cermat yakni seputar permasalahan pemilu. Tidak hanya Pilgub saja, melainkan tentang keseluruhan kegiatan pemilihan umum.

Pada kesempatan itu, Nanang juga menyebutkan, sesuai aturan KPU Pusat nomor 1 tahun 2012, tentang tahapan program dan jadwal Pilgub 2013, salah satu isinya menyebutkan, KPU di Kab/ kota dituntut untuk mensosialisasikan kegiatan pemilu bagi pemilih pemula.

Adang, pelaksana kegiatan Cerdas Cermat, mengatakan, kegiatan sosialisasi Pilgub 2013 tersebut merupakan tahapan yang harus dilaksanakan KPU Kab. Ciamis. Dia juga menyebutkan, bagi peserta yang menjadi juara I akan mewakili Kab/ kota untuk diikutsertakan dalam cerdas cermat tingkat Provinsi.

Pada acara cerdas cermat tentang kepemiluan yang dilakukan KPU Ciamis, SMA 1 Cihaurbeuti meraih juara I, kemuda juara dua diperoleh SMA II Rancah, dan juara III diraih oleh SMK Banjarsari. (es)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles