Lokasana jadi Ruang Publik Representatif

11/10/2012 0 Comments

(Estetika Kota)

Kawasan Lapangan Lokasana segera menjadi ruang public, semua fasilitas mulai olahraga dan event dibangun untuk aktifitas warga Ciamis. Foto : Dicky Haryanto Adjid/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com), Sekitar tiga bulan mendatang, Kab. Ciamis akan segera memiliki panggung pertunjukan yang representatif di bilangan jalan RA Kartini dan Jalan Ir. H. Juanda, atau tepatnya di kawasan Lapangan Lokasana. Pasalnya, pembangunan panggung tersebut sudah mulai digarap sejak 21 September, hingga 19 Desember 2012.

Berbekal anggaran dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat sebesar Rp. 3,5 milyar, Lapangan Lokasana akan disulap menjadi ruang publik. Kawasan itu juga akan dijadikan tempat Gelar Karya Kreativitas Seni dan Budaya (GKKSB) bagi kalangan pemuda.

Penanggungjawab Pelaksana Pekerjaan GKKSB, dari PT. Karunia Guna Inti Semesta, Benny, Jum`at (5/10), mengatakan, tidak hanya menjadi pusat hiburan, kreativitas dan seni, tapi ruang terbuka itu dirancang dengan fasilitas olahraga. Maklum saja, program yang digelontorkan oleh Pemprov Jabar melalui Dinas Pemukiman dan Perumahan itu bertajuk Program Pemukiman Sehat.

Lebih lanjut Bennymenyebutkan, GKKSB juga memiliki Area Skate Board, Sepatu Roda, Ruang Penunjang, Parkir Mobil & Motor, Running Track, Boulevard, Ground Tank dan pintu masuk utama atau Main Entrance.

“Mudah  mudahan ruang terbuka yang dibangun di atas lahan dengan panjang 10.730 meter dan lebar 9.800 meter nebjadi ruang publik yang representative bagi pengembangan kreativitas, seni serta olahraga warga Ciamis,” ungkapnya.

Lebih jauh, Benny mengutarakan, pihaknya akan sangat berhati-hati dalam melaksanakan pembangunan GKKSB tersebut. Alasannya, karena pembangunan GKKSB ini ditujukan bagi khalayak luas.

“Meskipun kami hanya membangun sesuai rancangan, namun motivasi kami untuk membangun area ini sangat besar dan luar biasa,” katanya.

Benny menambahkan, bila menilik kepada konsep DED, tiga dimensi dari pembangunan GKKSB ini sangat memberikan spirit yang mengetengahkan suatu estetika kota. Barisan pohon dan bunga, aksentuasi deretan paving block, dirancang sangat ciamik dengan sprit penataan yang elegan dan sportif.

Sementara itu, sumber HR di Pemkab Ciamis menyebutkan, bila pembangunan GKKSB di area terbuka Lapang Lokasana ini usai, maka konser music yang biasa digelar di Taman Raflesia Ciamis atau Alun-alun Kota Ciamis akan dilarang.

“Konser musik akan dilokalisir di GKKSB Lokasana,” ungkapnya.

Dalam catatan HR, Lapangan Lokasana kerap menjadi ajang untuk pertunjukan konser music, olahraga, pameran bahkan aktivitas politik seperti kampanye. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!