Penderita AIDS Bertambah, Dinkes Ciamis Kewalahan

11/10/2012 0 Comments

Hingga Bulan September, jumlah penderitanya mencapai 11 orang

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan Kab. Ciamis terus menggencarkan pemeriksaan terhadap penderita HIV/ AIDS. Hal itu menyusul meningkatnya jumlah penderita HIV/ AIDS di Kab. Ciamis. Data terakhir Dinkes menyebutkan, hingga Bulan September 2012, 11 orang dinyatakan positif mengidap HIV/ AIDS.

Kepala seksi Penanganan Penyebaran Penyakit dan Penanggulangan Bencana Alam (P4B) Dinkes Kab. Ciamis, Osep Hernandi, beberapa waktu lalu, mengatakan, dari hasil pemeriksaan di RSUD Kab. Ciamis, jumlah penderita HIV/ AIDS terus mengalami penambahan.

“Setiap hari kita menerima laporan adanya jumlah penderita HIV AIDS. Selain laporan yang diberikan pihak RSUD, kami juga menerima laporan dari setiap puskesmas yang ada masing-masing kecamatan,” ungkapnya.

Osep mengutarakan, bertambahnya jumlah penderita HIV/ AIDS merupakan permasalahan yang tidak bisa dianggap mudah. Untuk itu, perlu adanya peran serta semua pihak guna menanggulangi hal tersebut, jadi tidak hanya Dinkes.

Menurut Osep, penderita yang dinyatakan positif terjangkit HIV tidak langsung dirawat di RSUD. Mereka bisa tetap kembali ke rumah, akan tetapi merka mendapat pengawasan ketat dari pihak Dinkes.

“Kami sebagai Dinas teknis sudah semaksimal mungkin dalam menangani permasalahan HIV/ AIDS di Kab. Ciamis. Diantaranya dengan melakukan pendekatan terhadap orang yang dianggap beresiko. Namun selama ini, kurangnya dukungan dari semua pihak menjadi kendala Dinkes,” jelasnya.

Lebih jauh, Osep menjelaskan, pihaknya terus melakukan pendekatan untuk menangani orang-orang yang beresiko, agar mereka mau secara rutin mengikuti kegiatan pemeriksaan. Jika positif, mereka akan diawasi agar tidak menularkan penyakit kepada yang lainnya.

Osep juga mengakui, sulitnya penanganan hal ini karena banyak penderita yang sudah HIV yang tidak terdata di Dinkes. Dan diantara penderita enggan memeriksakan diri lantara merasa malu.

Ketua Komisi IV DPRD Kab. Ciamis, Hendra S. Marcusi, mengatakan, permasalahan meningkatnya jumlah penderita HIV/ AIDS di Kab. Ciamis harus segera mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kab. Ciamis. Dengan begitu, penanganan yang dilakukan Dinkes bisa dilakukan dengan maksimal.

“Penanganan ini harus fokus. Perlu ada lembaga seperti LSM yang khusus menanganinya. Agar jumlah penderitanya tidak terus bertambah,” ungkapnya.

Menurut Hendra, saat ini di Kab. Ciamis terdapat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA). Sayangnya, peran KPA di Ciamis belum dirasakan maksimal. Buktinya, keberadaan penderita HIV/ AIDS di Ciamis terus bertambah. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply