Percepat Pembangunan dengan Menciptakan Obyek Wisata

05/10/2012 0 Comments

Oleh : Dede Suryana Marwi

Kota Banjar bisa menjadi pusat pertumbuhan baru di Provinsi Jawa Barat bagian timur, yang bisa menjadi kekuatan peta baru di peta perdagangan di perbatasan Prov. Jabar-Jateng. Lebih sekedar mempromosikan wisata yang harus diciptakan dan menjadi pusat perdagangan di Priangan Timur, menjadi Singapura mini bisa diciptakan di Kota Banjar.

Kita berharap Pemkot Banjar harus berpikir cerdas, karena akan menghasilkan kesuksesan. Tepat sekali yang diucapkan Walikota Banjar DR. H. Herman Sutrisno, waktu kegiatan grand final mojang & jajaka Kota Banjar pekan lalu. Di Kota Banjar banyak tempat lokasi yang bisa diwujudkan sebagai obyek wisata yang menarik yang menjual view alam yang masih asli. Kita mencoba mengurai tempat atau lokasi yang bisa dijadikan obyek wisata yang menarik di Kota Banjar.

***

Gunung Putri adalah sebuah kawasan pegunungan yang ditumbuhi berbagai pohon dengan didominan pohon karet berada di wilayah Kelurahan Pataruman diantara lingkungan Sukamanah dan lingkungan Lemburbalong berdampingan dengan megahnya bangunan Lembaga Pemasyarakatan yang baru diresmikan merupakan kawasan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk dijadikan daerah tujuan wisata. Faktor-faktor alam dan lingkungan yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah kawasan tujuan wisata. Selain berbagai keunikan, kawasan ini juga memiliki peluang wilayah untuk berbagai fasilitas sebagai penunjang kawasan tujuan wisata. Berbagai fasilitas ini akan memudahkan para pengunjung dalam melakukan kegiatan wisata. Khusus untuk sarana akomodasi, mungkin bisa disediakan sarana penginapan berupa pondok-pondok wisata (home stay) sehingga para pengunjung pun turut merasakan suasana pedesaan yang masih asli. Tempat ini sangat cocok untuk tempat beristirahat, khususnya bagi wisatawan dari daerah yang inigin menikmati wisata lebih lama. Arena jogging track, Point Ball juga tersedia lapangan rumput yang hijau dan datar untuk kegiatan seperti api unggun dan camping ground,  di bawah gunung ini juga terdapat kolam ikan sebagai sarana pemancingan lengkap dengan layanan pengolahan ikan hasil pancingan.

Gunung Putri sebagai daerah wisata, merupakan upaya untuk membangun ekonomi masyarakat di sektor pariwisata. Dengan konsep ini, diharapkan dapat menstimulasi perkembangan sektor lain yang terkait. Potensi alam yang bagus, indah dan bebas polusi serta hasil alam yang lainnya menjadi daya tarik yang memiliki nilai jual wisata yang tinggi, peluang pengembangan paket-paket wisata yang unik, dan menarik dengan nilai jual tinggi beserta seni budaya tradisional yang masih utuh belum terkena radiasi perubahan modernisasi.

Wisata LP Gunung Putri memiliki nilai jual yang tinggi melalui konsep wisata alam terpadu dengan konsep ‘Stop Global Warming’ dan Pengembangan Masyarakat dapat memberikan kontribusi terhadap kegiatan ekonomi masyarakat serta berpeluang dijadikan paket wisata alam dengan konsep kerjasama dengan hotel-hotel yang berada di Kota Banjar, sebagai wisata alam/ekowisata yang diharapkan memberikan dampak berganda terhadap pertumbuhan berbagai sektor kehidupan masyarakat, terutama peningkatan ekonomi melalui tambahan pendapatan dari kegiatan kunjungan wisata.

Sebuah kebun binatang mini bisa juga dibuat sebagai salah satu spot menarik dari objek wisata ini. Objek wisata ini memiliki konsep sebagai daerah tujuan wisata keluarga, sehingga semua orang dari berbagai usia dapat menikmati kenyamanan dan hiburan yang ditawarkan oleh tempat ini. Fasilitas-fasilitasnya pun tersedia lengkap baik bagi anak-anak, remaja, maupun orang tua. Begitu masuk daerah wisata LP Gunung Putri jalur wisata dibuat sebuah taman lalu lintas di mana anak-anak bisa bermain dan belajar tentang disiplin berlalu lintas dengan cara yang tentu saja mengasyikan dan mudah diterima oleh mereka.

Kegiatan wisata berkuda bisa melintasi wilayah gunung putri atau perkampungan menuju daerah curug taneuh dan menyusuri daerah persawahan.

Untuk menambah citra tempat wisata ini sebagai objek wisata alam dan wisata agro, dibuatkan areal pertanian organik dengan berbagai jenis tanaman sayuran dan buah-buahan tanpa terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya karena semua tanaman ini menggunakan pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi.

Di wilayah Sukamanah dan Panatasan dapat pula dijadikan daerah wisata, restoran dan villa dengan konsep di tengah sawahPemadangan di restoran dan villa tengah sawah ini sangat indah karena didukung dengan latar belakang Gunung Sangkur dan udara pegunungan nan sejuk. Pemancingan yang menyatu dengan saung makan yang nyaman membuat para pengunjung betah berlama-lama di saung, mereka asik memancing seharian sambil bersantai bersama keluarga. Pengunjung juga dapat menikmati ikan hasil pancingannya sendiri yang langsung dimasak dengan menu masakan khas Pataruman sesuai dengan kemauan pemesan. Bila tidak ingin dimasak, ikan-ikan hasil pancingan pun bisa dibawa pulang dalam keadaan hidup.

Untuk anak-anak yang berkunjung, dapat dibuatkan program khusus untuk anak-anak yang disesuaikan dengan alam pedesaan, diantaranya dengan Program Petani Cilik, memancing, outbound, Flying Fox, games edukatif dan lain-lain.

Selain itu bagi para wisatawan yang menyenangi tantangan serta kegiatan yang cukup ekstrim dan menantang adrenalin di wilayah Kelurahan Pataruman bisa dibuatkan sebuah wahana flying fox melintasi aliran sungai Citanduy diatas derasnya air bendungan sungai Citanduy yang sangat menantang. Atau jika tidak suka dengan ketinggian namun tetap menginginkan tantangan, cobalah untuk berperahubaik dengan perahu tradisional maupun mengunakan babana boot atau speedboat untuk menyusuri sungai Citanduy ini tentu akan menjadi pengalaman yang sangat mendebarkan. Sejumlah perahu disediakan bagi wisatawan yang dapat digunakan untuk memancing atau sekedar untuk menikmati panorama aliran sungai Citanduy sambil menikmati suguhan makanan khas Kota Banjar yang dapat dipesan di kuliner doboku ditepi aliran sungai Citanduy.

Bagi pengemar olahraga bola voli juga bisa mengerakan badan pada malam hari di lapang bola voli Doboku dengan pancaran cahaya lampu menambah serunya wisata kuliner Dobo dan akan lebih mantap manakala tiap Sabtu sore, malam Minggu dan Minggu pagi disuguhi hiburan baik hiburan bernuansa tradisional, religius ataupun seni modern.

Selamat bermimpi di Wisata “ LP “ Kelurahan Pataruman. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!