PNS Dituntut Kreatif, Inovatif & Kuasai IT

11/10/2012 Berita Banjar
PNS Dituntut Kreatif, Inovatif  & Kuasai IT

(Di Era Globalisasi)

Banjar, (harapanrakyat.com),- Guna peningkatan sumber daya manusia (SDM), di era globalisasi seperti sekarang ini semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) dituntut harus kreatif dan inovatif, serta diharapkan mampu mengoperasikan komputer.

Hal itu dikatakan Kabid. Pendidikan dan Pelatihan pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Banjar, Dra. Titi Winarti, M.Pd., saat ditemui HR di ruang kerjanya, Senin (8/10).

“Dalam rangka mendukung program kerja BKPPD Kota Banjar, sejak awal pembentukannya telah menetapkan visi dan misi. Untuk visi BKPPD adalah terwujudnya aparatur Pemerintah Kota Banjar yang baik, berkualitas dan profesional tahun 2013,” katanya.

Sedangkan misi yang diemban dalam jangka waktu periode 2009-2013, lanjut Titi, yakni mengembangkan serta meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan administrasi berbasis teknologi informasi.

Kemudian, mengembangkan dan meningkatkan pembinaan disiplin serta kesejahteraan pegawai, meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pegawai melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat).

“Kita selalu berupaya untuk mewujudkan PNS sesuai dengan visi dan misi tersebut. Makanya, salah satu tujuan dari diklat sendiri yaitu meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap agar dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian serta etika PNS yang sesuai kebutuhan instansi,” ujarnya.

Selain itu, juga untuk menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu, perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Jadi intinya, sasaran diklat itu adalah terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi sesuai dengan persyaratan jabatan masing-masing.

Titi menyebutkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah No.101 tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan PNS, di dalamnya mencakup diklat pra jabatan dan dalam jabatan yakni setelah menjadi PNS.

Setelah jadi PNS, ada pula beberapa diklat yang harus diikuti oleh pegawai tersebut, diantaranya diklat kepemimpinan bagi pejabat eselon II, III dan IV, diklat fungsional bagi jabatan fungsional, dan diklat teknis bagi jabatan teknis.

“Namun, dari mulai diklat pra jabatan juga sudah dipaparkan bagaimana pentingnya penguasaan IT. Semua diklat tujuannya tiada lain untuk menjadikan aparatur pegawai yang baik, berkompeten dan profesional. Tetapi meski begitu tetap harus disertai pula dengan niat, kenginan dan upaya dari pribadi masing-masing PNS,” kata Titi. (Eva)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles