RKB Kelas Jauh Dibangun Tahun Depan?

18/10/2012 0 Comments

(SDN 1 Mekarjadi)

SDN 1 Mekarjadi yang kini hanya memiliki ruang kelas terbatas berharap tahun depan dapat terealisasi pembangunan 7 RKB untuk kelas jauh. Foto : Heri/HR.

Sadananya, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Sedekan Desa Mekarjadi Kec. Sadananya Kab. Ciamis tidak akan lagi mempersoalkan masalah ruangan belajar untuk anaknya yang belajar di kelas jauh SDN 1 Mekarjadi. Pasalnya awal tahun 2013, rencananya di wilayah tersebut akan dibangun ruangan kelas baru (RKB) yang berjumlah 7 rombel.

Kepala Sekolah SDN 1 Mekarjadi, Dedi Supari B S.IP, Selasa (16/10), mengatakan, persoalan sarana pendidikan yang ada di kelas jauh SDN 1 Mekarjadi tepatnya di dusun Sedekan sangat memprihatinkan dan komplek.

Dedi membenarkan, karena minimnya sarana-prasarana yang tersedia, Kelas Jauh SDN 1 Mekarjadi terpaksa masih menempati gedung milik madrasah diniyah dan balai kampung setempat.

Menurut Dedi, kelas induk SDN 1 Mekarjaya berada di Dusun Cimamut yang jaraknya cukup jauh, dari lokasi kelas jauh di Dusun Sedekan. Karena alasan jarak itu, pihak sekolah tidak memungkinkan untuk menarik siswa dari Dusun Sedekan untuk belajar di sekolah induk.

“Seharusnya para siswa menempati bangunan yang representatif, bukan bangunan yang seadanya,” ungkapnya.

Dedi menjelaskan, jumlah siswa yang ada di kelas jauh SDN 1 Mekarjadi mencapai 182 orang. Jumlah itu terbagi ke dalam sembilan rombel. Sementara jumlah ruangan/ kelas yang tersedia hanya cukup untuk 5 rombel, itu pun menggunakan 4 ruangan milik madrasah dan 1 ruangan milik bale kampung.

Menyiasati hal itu, Dedi membuat jadwal khusus bagi siswa kelas dua dan tiga. Terpaksan proses belajar-mengajar untuk kedua kelas tersebut dilakukan di siang hari, karena pagi harinya digunakan oleh kelas yang lain.

Dedi berharap, kedatangan komisi E DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar), yang menyatakan akan memberikan alokasi dana pembangunan 7 RKB untuk kelas jauh SDN 1 Mekarjadi dapat teralisasi secepatnya.

“Kami memohon pengawalan dari pemerintah maupun wali murid untuk berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi pihak sekolah, sampai terwujudnya pembangunan RKB kelas jauh SDN 1 Mekarjadi,” ungkapnya.

Adrian D Maulana, siswa kelas 5, berharap, pihak sekolah segera membangun kelas baru. “Saya selama empat tahun belajar di ruangan madrasah, dan untuk kelas 5 ditempatkan di balai kampung. Saya ingin belajar di tempat yang bagus, seperti sekolah ang lainnya,” katanya.

Ditemui terpisah, Kepala Desa Mekarjadi, T. Setiawan, mengaku sangat mendukung pembangunan RKB (ruang kelas baru) untuk kelas jauh SDN 1 Mekarjadi. Dia mengaku sangat prihatin melihat siswa terpaksa belajar di bangunan madrasah dan balai kampung.

“Sekolah di wilayah Mekarjadi hanya ada satu, yakni SDN 1 Mekarjadi. Mayoritas warga, menyekolahkan anaknya disini. Meski kondisi sarana sekolah saat ini sudah tidak sebanding dengan jumlah siswa,” katanya.

Untuk itu, kata Setiawan, pihaknya sudah mengalokasiakan lahan yang akan diperuntukan bagi pembangunan RKB tersebut, sekitar 2000 m2 , sesuai musyawarah dengan perangkat desa lainnya.

Wali murid yang enggan dikorankan, mengaku, sangat menyambut baik wacana akan  dibangunnya RKB untuk kelas jauh SDN 1 Mekarjadi. Dia berharap persoalan sarana yang dihadapi oleh pihak sekolah dapat segera diatasi.

Ketua komite SDN 1 Mekarjadi, Dindin Hardi M.Pd, mengatakan, pihaknya akan terus memberi motivasi kepada wali siswa, untuk berpartisipasi dalam pembangunan sarana prasaran sekolah. (heri)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!