SIM Pembangunan Infrastruktur Perlu Dibuat

18/10/2012 0 Comments

(Cegah Konflik Kepentingan)

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pembangunan infrastruktur jalan kabupaten di wilayah Kab. Ciamis perlu dilakukan secara terencana dan sistematis. Pemerintah Kab. Ciamis dituntut menyediakan Sistem Informasi Manajemen (SIM) penanganan dan perencanaan pembangunan tersebut.

Direktur LSM Citra Galuh, Ir. Heri Hernawan, Selasa (16/10), mengatakan, dengan menyediakan sistem informasi bagaimana manajemen penanganan dan prioritas pembangunan jalan, bisa membantu mencegah terjadinya konflik kepentingan.

“Program ini harus menjadi prioritas Pemkab. Ciamis, sebelum menjalankan program pembangunan infrastruktur jalan,” ungkapnya.

Heri menuturkan, sistem informasi ini nantinya harus didadasarkan pada hasil survey, yang secara teknis dan akademis bisa dipertanggungjawabkan. Selain bisa meredam konflik kepentingan, sistem ini juga prioritas pembangunan jalan bisa terintegrasi dengan program pembangunan lainnya.

“Baik dari input, proses dan output akan membentuk skema yang terintegrasi. Contohnya bisa menjadi dasar pembangunan sektor lain, baik pertanian, ataupun program serupa, termasuk ketika menangani pembangunan jalan lingkungan, desa, propinsi dan nasional,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Heri menyebutkan, sesuai dengan amanat SK nomor 77/KPTS/Db/1990, Direktorat Bina Marga Kementerian PU, tentang Perencanaan dan Penyusunan Program jalan kabupaten, dan itu bisa dijadikan Petunjuk Teknis (Juknis).

“Jadi, kita bisa tahu mana program pembangunan yang bisa ditunda, dana mana yang harus diprioritaskan. Tentunya juga disesuaikan dengan pertimbangan anggaran yang ada,“ imbuhnya.

Kemudian, jika sudah tersedia, sistem informasi yang memuat tentang prioritas pembangunan jalan tersebut disosialisasikan kepada masyarakat. Dengan begitu, mereka akan mengetahui kondisi jalan mana saja yang harus diprioritaskan dalam pembangunan.

Heri menambahkan, penanganan jalan kabupaten, juga harus didasari berbagai aspek, baik dari sisi teknis lalu lintas, penyebaran penduduk, termasuk sisi ekonomis dan potensi unggulan dari daerah yang dilintasi jalan tersebut.

“Nantinya, Musrenbang Kecamatan, dan tingkat Kabupaten bisa merujuk kepada sistem informasi yang memuat data itu,” pungkasnya.

Di tempat berbeda, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga, SDA, Energi dan SDM Kab. Ciamis, Supena, SIP, enggan menanggapi soal penanganan pembangunan jalan yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis. “Nanti saja, saya lagi sibuk,” ungkapnya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply