Siswa Terpaksa Belajar di Perpus dan Lab Komputer

05/10/2012 0 Comments

(SDN 7 Ciamis Minim Ruang Kelas)

Akibat jumlah ruang kelas yang masih minim, sejumlah siswa SDN 7 Ciamis terpaksa belajar di ruang perpus dan ruang komputer. Foto : Heri/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah siswa SDN 7 Ciamis terpaksa belajar di ruang perpus dan ruang komputer. Kondisi tersebut sudah berlangsung lama, dan diakibatkan jumlah ruangan kelas yang masih minim.

Ida Rohpaida, Tenaga Pengajar SDN 7 Ciamis, Selasa (2/10), mengatakan, karena alasan keterbatasan ruangan, pihak sekolah terpaksa menggelar kegiatan belajar mengajar di ruang perpus dan lab. Komputer.

Plh. Kepala SDN 7 Ciamis, Drs. Koswana, M.M., mengatakan, sejak Tahun Pelajaran 2008/ 2009 SDN 7 Ciamis  memperoleh kepercayaan pemerintah melalui ketetapan Depdiknas sebagai Rintisan Sekolah Dasar Standar Nasional (SDSN). Dengan kata lain, upaya untuk mengkategorikan sekolah yang memenuhi Standar Nasional Pendidikan (NSP).

Kemudian, kata Koswana, mulai tahun pelajaran 2010/ 2011, SDN 7 Ciamis menyelenggarakan layanan bagi peserta didik cerdas istimewa dan berbakat istimewa. Layanan itu merupakan program akselerasi siswa kelas IV, melalui penelusuran nilai buku laporan pendidikan dari kelas I-III dan tes psikologis.

“Tes Psikologisnya meliputi tes kecerdasan intelegensi (IQ), tes kreativitas dan tes komunikasi. Program akselerasi ini sekarang menjadi salah satu program unggulan SDN 7 Ciamis,” ungkapnya.

Namun demikian, lanjut Koswana, saat ini jumlah peserta didik di sekolahnya sudah mencapai 704 orang. Jumlah peserta didik itu terbagi menjadi 22 rombongan belajar (rombel). Sementara, jumlah ruangan/ kelas yang tersedia, hanya cukup untuk 16 rombel.

“Bisa dibilang, SDN 7 Ciamis masih butuh tambahan 6 RKB (ruang kelas baru),” katanya.

Koswana juga membenarkan, untuk menyiasati kondisi tersebut, pihaknya terpaksa menggunakan ruangan perpustakaan dan ruangan komputer untuk belajar siswa. Selain itu, kelas satu dan dua memiliki jadwal khusus belajar di siang hari.

“Selain butuh kelas, kita juga masih kekurangan guru kelas sebanyak 5 orang, guru PAI sebanyak 1 orang, guru olahraga 1 orang dan tenaga pejaga sekolah,” imbuhnya.

Pada kesemapatan yang sama, guru yang enggan dikorankan, mengatakan, walaupun masih banyak kendala, tetapi SDN 7 Ciamis banyak menorehkan prestasi di tingkat daerah bahkan Naisonal.

“Diantaranya, juara umum LBB se-Priangan Timur, juara 1 Lomba Renang Nasional, Juara 1 MIPA se-Priangan Timur dan Juara 1 Lomba Lukis se-Kab. Ciamis,” pungkasnya. (heri)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply