Tahu Sumedang Made In Banjar Diminati Konsumen

05/10/2012 0 Comments

Dua orang pekerja di pabrik tahu Sumedang milik Saepudin sedang melakukan proses penggorengan. Tahu Sumedang produksi Banjar semakin diminati konsumen. Foto : Pepep Riswanto Akbar/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Bagi masyarakat Banjar yang ingin membeli jenis tahu Sumedang tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Sumedang. Karena, jenis tahu tersebut kini sudah bisa diproduksi oleh warga Banjar.

Saepudin, warga Dusun Citapen Kaler, Desa Mekarharja, Kec. Purwaharja, merupakan pemilik pabrik tahu yang khusus memproduksi jenis tahu Sumedang.

Saat ditemui HR, Selasa (2/10), dia mengatakan bahwa usahanya itu sudah berjalan sekitar dua tahun. Menurut Saepudin, dirinya mengikuti jejak sang kakak yang telah lebih dulu membuka usaha serupa di daerah Bogor.

²Pertama kali buka usaha ini saya hanya memiliki dua orang pekerja dan tiga orang pedagang keliling. Pedagang keliling pun awalnya hanya berdagang di daerah Kota Banjar saja,² kata Saepudin.

Namun, semakin hari tahu Sumedang yang diproduksinya semakin banyak diminati konsumen, sehingga pelanggannya pun terus bertambah. Dan sekarang Saepudin sudah memiliki empat orang pekerja, serta sepuluh orang pedagang keliling.

Bahkan, para pedagang keliling kini tidak hanya menjajakan dagangannya di dalam kota saja, tapi sudah menyebar ke luar daerah, seperti ke wilayah Jawa Tengah.

Saepudin mengaku, setiap harinya dia membutuhkan 50 kilogram kedelai. Dari bahan baku sebanyak itu bisa menghasilkan sekitar 17 ribu potong tahu.

²Tahu Sumedang yang saya buat ini bebas dari bahan pengawet dan layak untuk dikonsumsi. Masalah rasa, dijamin gurih, enak, dan tentunya sehat, tidak kalah oleh tahu Sumedang yang diproduksi di Sumedang,² katanya.

Saepudin berharap, usahanya tersebut dapat berkembang lagi dan lebih dikenal oleh masyarakat luas, baik di Kota Banjar maupun di luar daerah. (PRA)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!