Tikungan Tembungkerta Kerap Telan Korban

05/10/2012 0 Comments

Mitos, Bambu Melengkung ke Jalan Pertanda Akan Terjadi Kecelekaan

Sebuah mobil truk tengah melintas di tikungan tajam kawasan Tembungkerta. Sebagian pagar pembatas jalan di tikungan tersebut telah hilang akibat benturan keras dari kendaraan yang terjun bebas ke jurang. Foto : Pepep Riswanto Akbar/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Seringnya terjadi kecelakaan di jalan tikungan tajam kawasan Tembungkerta, membuat pagar pembatas jalan rusak, bahkan sebagian hilang akibat benturan keras dari kendaraan yang terjun bebas ke jurang.

Menurut Didi, warga sekitar yang sering nongkrong di salah satu warung dekat tikungan tajam mengatakan, sampai saat ini pagar pembatas yang rusak maupun hilang belum juga diganti.

²Sekitar dua minggu kebelakang sudah ada lagi mobil truk pengangkut batu masuk jurang. Waktu itu mobil tiba-tiba mesinnya mati saat melintas di tikungan Tembungkerta, kemudian meluncur masuk ke jurang. Untungnya tidak sampai ada korban jiwa,² tuturnya, pada HR, Selasa (2/10).

Menurut Didi, terlepas rusaknya pagar pembatas jalan sebagai penghalang agar kendaraan tidak masuk ke jurang, namun masyarakat di sekitar Tembungkerta juga mempercayai terhadap mitos, bahwa bila pohon bambu yang ada di sekitar tikungan tersebut sudah melengkung ke jalan, maka itu suatu pertanda akan terjadi kecelakaan.

Hal senada juga dikatakan Ujang, warga lainnya. Dia mengaku sering membantu para pengendara yang mengalami kecelakaan saat melintas di tikungan Tembungkerta yang tajam dan menanjak.

²Pagar pembatas jalan harus segera diperbaiki karena sangat membantu bila ada kendaraan yang tekor dan akan meluncur ke jurang. Dengan adanya pagar pembatas maka otomatis bisa tertahan. Saya juga menghimbau para pengguna jalan supaya lebih berhati-hati kalau melintas di tikungan itu. Kemudian, untuk kendaraan besar sebaiknya ambil lajur kanan saat akan menanjak,² kata Ujang. (PRA)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply