Tommy Parsep: Ada Syarat jika Sepak Bola Banjar Ingin Maju!

25/10/2012 0 Comments

Deni Supendi

“Ada syaratnya jika sepak bola di Kota Banjar ingin maju! Para old star (bintang lama), dan organisasi yang ada disini, harus mau berkomitmen untuk memajukan pesepakbolaan daerah,” ungkap Tommy Parsep (44), Pelatih Berlisensi B, yang sudah 5 bulan ini berdomisili di Langensari, Selasa (23/10).

Tommy Parsep

Tommy mengatakan, selain komitmen, sikap egoisme seorang mantan pemain bintang atau pemain andalan di masa lalu, juga harus dibuang jauh-jauh. Karena, dengan sikap seperti itu, justru akan menutup kemungkinan untuk maju dan mau belajar dari yang lain.

“Saya melihat ada suatu hal yang mengganjal bagi kemajuan pesepakbolaan di Kota Banjar. Ganjalan itu justru saya temukan dari sejumlah pengggiat, lembaga serta organisasi sepakbola itu sendiri,” katanya.

Lebih lanjut, Tommy mengutarakan, Kota Banjar sebenarnya memiliki potensi sumber daya manusia (SDM) calon pemain bola yang sangat besar. Namun sayang, potensi itu belum digali dengan maksimal.

Pada kesempatan itu, Tommy mengungkapkan keinginannya untuk membantu memajukan potensi sepakbola yang dimiliki oleh Kota Banjar. Alasannya, selain sudah berdomisili di Langensari Kota Banjar, pembinaan yang dia berikan juga merupakan bentuk projek idealisme dia sebagai seorang pelatih profesional.

Salah satunya, saat ini Tommy intens memberikan pembinaan kepada ratusan anak-anak mulai usia SD hingga SMA yang terwadahi melalui Sekolah Sepak Bola (SSB) Sanggah Buana yang berlokasi di Kel. Muktisari. SSB Sanggah Buana sendiri didirikan sekitar pertengahan tahun 2012.

Menurut Tommy, SSB Sanggah Buana sudah mengadakan latihan rutin di tiga titik, yakni Kel. Muktisari Langensari, Desa Raksabaya Cimaragas, dan Panulisan Cilacap (Perbatasan Jabar-Jateng).

“Rencana kedepan, kita juga akan mencoba mengembangkan ke daerah lain, seperti Ciamis dan Tasik. Dan semua usaha ini tidak lepas berkat dukungan sejumlah pengusaha, wali siswa, dan masyarakat yang peduli terhadap SSB Sanggah Buana,” imbuhnya.

Namun demikian, Tommy mengaku memiliki impian, nantinya pemain profesional klub-klub besar yang ada di Indonesia diantaranya berasal dari Kota Banjar. Dia optimis, mimpi itu bisa dia capai, selama masyarakat Kota Banjar memberikan dukungan untuk kemajuan sepak bola mulai dari tingkat daerah.

Tommy juga menambahkan, dirinya juga akan mengikuti kursus pelatih lisensi A, yang akan digelar selama satu bulan, mulai tanggal 28 Oktober-25 Nov 2012, di Magelang Jawa Tengah (Jateng). ***

Biografi

Nama                       : Tommy Parsep

TTL                         : Jakarta, 30 Sept 1968

Agama                     : Islam

Karier Pemain

Tahun 1980 U-12 th                : PS. Aladin Jakarta Timur

Tahun 1984 U-16 th                : Kejuaraan Junior DKI

Tahun 1988 U-18 th                : Kejuaraan Junior Kardono Cup

Tahun 1988             : Masuk Seleksi PSSI Garuda I DKI

Persija Timur Piala POM

Lampung Putra DKI

Tahun 1989             : PS. Batu Raja (OKU) Sumsel

Tahun 1992             : Divisi Utama PS. DK (Persita) Tangerang

Karier Pelatih

Tahun 1988                             : Junior PS Aladin

Tahun 1989                             : PS. Batu Raja (OKU) Sumsel)

Tahun 1992                             : PS. DKDK (Divisi Utama Persita)

Tahun 1995                             : Pembina Tangerang

Tahun 2000                             : POPDA Banten

Tahun 2002                             : Diklat Pelita KS

Tahun 2005                             : Pemkot Cilegon

Tahun 2007                             : Pemuda Jaya DKI

Tahun 2008                             : Diklat Pekalongan

Tahun 2009                             : PS. Prov. Riau

Tahun 2010                             : Lisensi B di Surabaya

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!