Warga Minta Rental PS & Game Online Ditutup Saat Jam Sekolah

05/10/2012 0 Comments

Langensari, (harapanrakyat.com),- Anak-anak memang umumnya masih memiliki pikiran yang polos, sehingga mudah tergoda dengan hal-hal yang berbahaya bagi dirinya maupun orang lain. Sesuatu yang mereka anggap menyenangkan dan mengasyikkan, bisa saja dapat memberi efek yang tidak baik bagi perkembangan fisik dan mental mereka.

Keadaan tersebut saat ini mulai meresahkan sejumlah orangtua di wilayah Kec. Langensari. Keresahan itu dasarnya muncul dari kekhawatiran orang tua, ketika mendapati anak-anak usia sekolah keranjingan main game sejenis playstation (PS) dan game online.

Muslimin, warga Langensari, Selasa (2/10), mengatakan, sebagai orangtua, dirinya mengaku prihatin dengan maraknya beredar usaha penyewaan video game alias rental PS dan Game onlie yang dikemas dengan nama warung internet (warnet).

Seiring dengan perkembangan teknologi, lanjut Muslimin, usaha penyewaan video game atau rental PS banyak bermunculan. Rental tersebut kata dia, sudah  mengalahkan pamor game dingdong yang pernah ada pada jaman dia kecil.

Namun begitu, Muslimin menilai, rental PS hanya memiliki orientasi mendapatkan untung besar, tanpa memikirkan dampaknya terhadap konsumen atau pelanggan yang rata-rata anak-anak usia sekolah.

“Selama tidak ada komplain dari penyewa, maka mereka akan terus menjalankan bisnisnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, keberadaan usaha penyewaan PS sangat memberikan dampak negatif seperti kecanduan, apalagi bagi mereka yang masih di usia sekolah/ pelajar. Usaha yang orientasinya untung semata itu, bisa menjadi penyebab anak-anak malas belajar, kemudian bolos dari sekolah.

“Dampak lainnya, menyita waktu, menyita keuangan, dan berpeluang mengajarkan anak untuk  taruhan atau judi,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Muslimin berharap, Pemerintah Kota sampai tingkat desa, serta pihak sekolah memberikan perhatian khusus terhadap persoalan ini. Soalnya, beberapa kasus seperti bolos sekolah akibat si anak ingin main PS sudah pernah terjadi di Langensari.

“Kalau bisa ada aturan yang mengharuskan agar pada jam sekolah, usaha rental PS dan Game online ditutup untuk pelajar,” pungkasnya. (deni)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!