2013, Banyak Kapal Pesiar Nangkring di Pangandaran

08/11/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jika saja Rencana Pembangunan Pelabuhan Regional Pangandaran di Bojong Salawe, Kecamatan Parigi, terealisasi pada tahun 2013 nanti, berarti bukan isapan jempol Kapal Pesiar atau Cruisse yang bisa mengangkut wisatawan domestik dan mancanegara akan berlabuh di Pantai Pangandaran.

Maklum saja, Pelabuhan Regional Pangandaran akan dirancang, selain bisa melabuhkan kapal barang dengan bobot mati antara 5 ribu sampai 10 ribu DWT (Dead Weight Ton) bisa pula merapatkan kapal pesiar yang digunakan pelancong domestik maupun mancanegara berkocek tebal.

Kapal pesiar yang dirancang memiliki kamar dengan fasilitas hotel mewah, Bar, Spa, kolam renang dan fasilitas olahraga, bukan tidak mungkin akan menjadi pemandangan biasa di Pantai Pangandaran.

“Sesuai laporan dari survey awal, kapal pesiar dimungkinkan untuk bisa berlabuh di pelabuhan ini,” ungkap Kepala Bidang Perhubungan Dishub Kab. Ciamis, Supri, di ruang kerjanya, Selasa (6/11).

Menurut Supri, Site Plan pelabuhan regional Pangandaran dirancang untuk bisa melabuhkan kapal pesiar. Wisatawan yang akan berkunjung ke Pangandaran tidak hanya bisa menggunkan jalur darat maupun udara saja, melainkan bisa melalui jalur laut.

“Pelabuhan ini berfungsi untuk meningkatkan sektor pariwisata melalui jalur laut. Artinya jumlah kunjungan wisatawan ke Pangandaran bisa didongkrak melalui pelabuhan umum ini,” paparnya.

Seandainya rencana pembangunan pelabuhan Regional Pangandaran yang bersumber dari dana APBN ini bisa terealisasi, hal itu sejalan dengan kebijakan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk menggenjot kunjungan wisatawan ke Indonesia melalui Kapal Pesiar.

Dari data yang diunduh HR, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan akan membangun 8 pelabuhan yang bisa digunakan untuk berlabuh kapal pesiar.

Kedelapan pelabuhan tersebut yakni, Benoa (Bali), Surabaya, Pekalongan, Semarang, Belawan (Medan), Labuhan Bajo, Tanjung Peting (Kalimantan) dan Pangandaran.

“Rencana ini sesuai dengan kebijakan sektor wisata di Indonesia untuk menargetkan jumlah kunjungan 600 ribu kapal pesiar pada tahun 2016 nanti,” pungkasnya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply