DPRD Setujui Raperda tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah Kota Banjar pada Perusahaan Daerah Banjar Water Park

16/11/2012 0 Comments

Oleh : H. Husin Munawar, S.IP, M.Si

(Ketua Pansus pembahas Raperda tentang Penyertan Modal Daerah Pemerintah Kota Banjar pada Perusahaan Daerah Banjar Water Park)

 

Banjar Water Park sebagai salah satu aset milik Pemerintah Kota perlu dikelola secara profesional sehingga dapat berdaya guna dan berhasil guna secara optimal. Berdasarkan ketentuan Pasal 173 ayat (1) UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Pemerintah Daerah dapat melakukan Penyertaan Modal pada Badan Usaha Milik Pemerintah dan atau milik swasta. Namun demikian, upaya pemerintah kota untuk melakukan penyertaan modal pada Perusda Banjar Water Park agar lebih kompetitif dan memiliki nilai jual, harus dibarengi dengan tertib administrasi pengelolaan keuangan daerah. Sesuai  ketentuan Pasal 75 Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005, bahwa Penyertaan modal pemerintah daerah dapat dilaksanakan dan ditetapkan dalam peraturan daerah tentang penyertaan modal daerah.

Berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan Pansus dengan Tim Pemerintah Kota,  ada beberapa pokok subtansi pembahasan, diantaranya:

  1. Sesuai  Pasal  9 ayat (1)  Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2010 tentang Perusahaan Daerah Banjar Water Park bahwa modal dasar Pendirian Perusahaan Daerah Banjar Water Park yang merupakan kekayaan Pemerintah Daerah yang dipisahkan sebesar Rp. 27.110.330.500,- terdiri dari:

1)      modal berupa uang sebesar Rp. 1.000.000.000,-

2)      modal berupa barang  tidak bergerak  yaitu tanah dan segala sesuatu yang melekat diatasnya senilai Rp. 26.110.330.500,-

  1. Pemerintah kota melakukan penyertaan modal kepada Banjar Water Park sebesar Rp. 800.000.000,- yang digunakan untuk :

1)     Kereta Wisata    Rp.   94.975.000,-

2)     Karaoke Keluarga        Rp. 705.025.000,-

  1. Jumlah keseluruhan penyertaan modal daerah kepada Perusahaan Daerah Banjar Water Park menjadi sebesar Rp. 27.910.330.500,-

Akhirnya, pansus dapat memahami dan mendukung upaya pemerintah kota melakukan penyertaan modal pada Banjar Water Park, dengan maksud untuk menambah manfaat ekonomi berupa PAD dan sebagai wahana hiburan dan rekreasi bagi masyarakat. Selanjutnya, pansus memberikan saran terkait dengan penyertaan modal pada Perusda Banjar Water Park, yaitu:

1)    Perlu diantisipasi aspek kenyamanan dan ketertibannya dengan dibangunnya wahana baru berupa kereta wisata dan karaoke keluarga, mengingat beraneka ragam karakter dan perilaku pengunjung, potensi gesekan antar pengunjung dapat terjadi. Kondisi ini apabila tidak diantisipasi, dikuatirkan akan mempengaruhi tingkat kunjungan masyarakat ke Banjar Water Park.

2)    Kepada direksi dan jajaran Banjar Water Park diharapkan selalu berinovasi dalam upaya menarik pengunjung dan meningkatkan daya saing dengan wahana yang sama di daerah lain, sehingga brand image Banjar Water Park sebagai wahana wisata akan selalu diingat oleh pengunjung. ***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!