HMPI 2012, Dishutbun Siapkan 500 Bibit Pohon

29/11/2012 Berita Ciamis
HMPI 2012, Dishutbun Siapkan 500 Bibit Pohon

Kegiatan Dipusatkan di Kampus SMAN 2 Banjarsari

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) kelima yang jatuh pada tanggal 28 November tahun 2012, akan dipusatkan di kampus SMAN 2 Banjarsari, Cigayam Banjarsari Kab. Ciamis.

Pada peringatan HMPI kali ini, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kab. Ciamis akan menyediakan 500 bibit pohon jenis kayu-kayuan dan pohon MPTs (Multi Purpose Trees), atau pohon multiguna.

“Sudah 80 ribu pohon kami tanam. HMPI kali ini semua jenis tanaman baik jenis kayu seperti Jati, suren, serta MPTs seperti mangga, manggis, dan tanaman estetika seperti lengkeng, akan kami tanam juga,” ungkap Ketua HMPI tahun 2012, yang juga Kabid (RLKSHP) Dishutbun Ciamis, Cece, Senin (26 /11).

Cece mengatakan, alasan pihaknya mengambil lokasi di SMAN 2 Banjarsari, yaitu selain kesiapan teknis aparatur Desa, juga penanaman pohon di lingkungan sekolah bertujuan untuk memberikan dampak pendidikan bagi generasi penerus.

“Program Kecil Menanam, Dewasa Memanen, kami adopsi pada peringatan HMPI yang dilaksanakan esok,” katanya.

Menurut Cece, adapun sumber dana program kegiatan HMPI sejalan dengan program penanaman 1 Milyar pohon, yang diperoleh dari bantuan Pusat dan APBD Kab. Ciamis.

“Untuk bantuan dari Propinsi, ada di Pos Program Sekolah Berbasis Lingkungan (SBL),” imbuhnya.

Lebih lanjut Cece menuturkan, program penanaman pohon juga bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan. Apalagi, di wilayah Selatan Ciamis, yang dianggap rawan bencana, porgram ini sangat diperlukan.

“Meskipun kerapatan pohon terkadang tidak menjamin bisa menahan erosi longsor seperti kejadian di tanjakan alinayin, Ciamis, beberapa waktu lalu. Kerapatan sudah tinggi tapi struktur tanah tidak bisa menopang gerakan tanah,” ujarnya.

Namun demikian imbuh Cece, fungsi pohon secara utama bisa menopang air, menjadi dasar pijakan pelestarian lingkungan dan pencegahan bencana.

“HMPI kali ini akan diresmikan langsung oleh Bupati Ciamis. Dan rencananya, kami juga akan mengundang Kadishutbun Propinsi Jabar dan Bapdas Jabar wilayah  Cimanuk-Citanduy, dan siswa SMA, SMP dan SD di wilayah Banjarsari,” pungkasnya. (DK)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles