Nelayan Dukung Rencana Pelabuhan Regional Bojongsalawe

22/11/2012 0 Comments

Parigi, (harapanrakyat.com),- Kelompok Rukun Nelayan, Dusun Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, menyambut baik terkait wacana pembangunan pelabuhan regional yang direncanakan akan dimulai pada tahun 2013.

Pembangunan direncanakan akan dibangun diatas tanah negara seluas 3,3 hektar itu masih menunggu hasil kajian tim direktorat perhubungan laut RI.

Pelabuhan regional bila kelak terwujud, menjadi harapan masyarakat khususnya nelayan di Kab. Pangandaran. Selain bermanfaat bagi kepentingan umum, mampu menjadi aset penambahan PAD Kabupaten Pangandaran mendatang.

Kepala Desa Karangjaladri, Idi Wardi, melalui Sekretaris Desa, Hasan Hadidi, mengatakan, sangat bersyukur atas wacana perencanaan tersebut. Pada prinsipnya, hal ini direncanakan atas mekanisme menempuh jalur penelitian tim dari kementrian.

“Akan lahirnya perekonomian baru, dan akan merubah taraf kehidupan ekonomi masyarakat setempat. Pihak desa pun bersedia menjadi fasilitator dengan pihak nelayan, khususnya mengenai aktifitas pelayaran dan nelayan,” ucapnya.

Sejumlah nelayan yang dimintai tanggapan akan rencana pembangunan pelabuhan regional, menyambut baik atas rencana tersebut. Mereka berharap, pelabuhan regional mampu memberikan pendapatan lain, selain dari menangkap ikan.

Ketua Rukun Nelayan, Kusin, mengatakan, pendapatan nelayan tidak hanya mengandalkan 100% dari menangkap ikan.

“Penghasilan nelayan musiman, dikala musim paceklik, 50% nelayan mencari profesi lain untuk kebutuhan ekonomi. Jadi tidak serta merta menentukan kehidupan dari nelayan, bahkan kalau terjadi pembangunan pelabuhan mungkin saja ada yang beralih profesi. Intinya, hal ini sangat menguntungkan bagi pihak kami,”ujarnya. (Syamsul Ma’arif)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!