Nelayan Minta Proyek Pelabuhan Cikidang Dirampungkan

16/11/2012 0 Comments

Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Para nelayan di Pangandara Jawa Barat (Jabar) mengharapkan proyek pembangunan pelabuhan Cikidang segera diselesaikan. Menurut nelayan, keberadaan pelabuhan Cikidang diharapkan bisa membantu penataan kawasan, baik sektor wisata ataupun perikanan.

Apin (38), pengurus Rukun Nelayan Pangandaran, beberapa waktu lalu, mengungkapkan harapan, agar proyek pembangunan pelabuhan bisa kembali dimulai. Menurut dia, para nelayan seperti dirinya sangat menantikan pelabuhan tersebut.

“Bahkan rencananya, tanggal 6-7 Desember mendatang, nelayan Pangandaran akan menggelar Pesta laut atau hajat nelayan. Pesta itu sebagai bentuk rasa syukur nelayan, karena hasil tangkapan kali ini melimpah ruah,” ungkapnya.

Ketua RN Pangandaran, Sukidi, menuturkan, para nelayan di Pangandaran sedang panen, soalnya hasil tangkapan mereka saat ini sedang melimpah. Hasil tangkapan para nelayan Pangandaran bahkan nelayan Cilacap, biasanya dijajakan di TPI yang dikelola KUD Minasari.

Menurut Sukidi, Pendapatan Asli Daerah dari para nelayan bisa mencapai Rp 40 juta perbulan, atau 02 persen dari raman (total dari seluruh pengepul) yang mencapai sekitar Rp. 2,5 milyar.

“Saat ini saja, juragan/ pemilik perahu di Pangandaran mencapai 167 orang. Bahkan, sejak tanggal 1 hingga 5 November 2012 (5 hari), perputaran uang disini mencapai  Rp. 667.525.224,” katanya.

Dia menambahkan, potensi dari sektor tersebut sangat besar. Untuk itu, perlu penataan dan pengelolaan yang baik. Dan salah satunya bisa ditunjang dengan keberadaan Pelabuhan Cikidang. (madlani)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!