Parigi Dilanda Banjir, Akses Transportasi Terputus

22/11/2012 0 Comments

Parigi, (harapanrakyat.com),- Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Parigi Kabupaten Ciamis selama dua hari berturut-turut, Rabu- Kamis (21- 22/11), berakibat banjir setinggi perut orang dewasa. Banjir musiman itu melanda  Dusun Purwasari Desa Parigi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir tersebut merupakan kiriman dari Sungai Cijalu yang merupakan sambungan dari Sungai Ciwayang Kecamatan Cigugur. Saking derasnya hujan yang terjadi selama 2 hari berturut-turut, membuat sungai tersebut meluap dan menggenang perumahan warga.

Akibat banjir tersebut, membuat akses jalan ke daerah itu terputus. Kendaraan bermotor tidak bisa melintas karena seluruh ruas jalan tergenang air.

Pantauan HR di lokasi, alat transportasi warga  terpaksa menggunakan roda dorong. Warga setempat pun banyak memanfaatkan bencana banjir itu dengan menawarkan jasa roda dorong. Sekali naik roda dorong dengan melawati jalan banjir sepanjang 100 meter, warga menarif harga Rp. 20 rebu.

Kepala Desa Parigi, Kecamatan Parigi, Iin Komarudin, SH, mengatakan, banjir terjadi sejak pukul 13.00 WIB setinggi perut orang dewasa, dan baru turun ketinggiannya pukul 20.00 WIB. ” Itu pun hanya turun setinggi betis orang dewasa,” katanya,kepada HR, Kamis malam (22/11).

Iin menambahkan, setiap musim hujan, daerah ini memang seringkali terjadi banjir kiriman. Namun, banjir kali ini memang tidak seperti biasanya.

” Banjir kali ini cukup besar. Banyak kerugian juga yang dialami warga. Selain menggenangi perumahan warga, banjir ini pun berdampak terhadap pertanian warga. Karena petani pekan lalu sudah mulai melakukan pembenihan. Akibatnya, benih yang sudah ditanam, lenyap tersapu banjir,” pungkasnya. (Syam)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!