Pembangunan Masjid Raya Situ Lengkong Tertunda

Pembangunan Masjid Raya Situ Lengkong Tertunda

Mesjid Raya Situ Lengkong Panjalu. (Photo; Eji/HR)

Panjalu, (harapanrakyat.com),- Pembangunan Masjid Raya Situ Lengkong Panjalu yang berada di Dusun Sriwinangun Desa Panjalu bertahun-tahun terbengkalai. Pelaksanaan pembangunan terpaksa ditunda lantaran terbentur masalah biaya. Hingga saat ini masjid tersebut belum bisa digunkan untuk aktivitas ibadah warga.

Yaya, tokoh masyarakat setempat, belum lama ini, mengatakan, akibat tertundanya pembangunan masjid tersebut, warga terpaksa melaksanakan aktifitas ibadah di daerah lain yang lokasinya cukup jauh. Terlebih, saat ini kondisi Masjid Agung Panjalu juga masih dipugar.

Menurut Yaya, kondisi demikian membuat jalinan silaturahmi warga di lingkungan sekitar Masjid Raya Situ Lengkong menjadi sedikit berkurang, akibat jarang menjalankan aktifitas ibadah bersama.

Senada dengan itu, Awah, Ketua RW 05, mengatakan, tertundanya pembangunan masjid raya tersebut juga mengakibatkan terganggunya kegiatan belajar mengaji anak-anak di tempat tersebut.

Di tempat terpisah, Asep, warga Panjalu, mengatakan, Masjid Raya Situ Lengkong bisa menjadi tempat transit para peziarah. Namun sayang pembangunan yang dimulai sejak tahun 2002 itu hingga kini masih tertunda.

Menurut Asep, peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Situ Lengkong dilakukan oleh Presiden RI, yang saat itu dijabat oleh K.H Abdurahman Wahid (alm) atau lebih dikenal Gusdur. Bahkan, pada acara tersebut Gusdur memberikan bantuan untuk pembangunan Masjid hingga Rp. 2 miliar.

Kades Panjalu, Dony Heriyanto, membenarkan, pengerjaan pembangunan Masjid Raya Situ Lengkong tertunda lantaran masalah biaya. Menurut dia, Pemkab Ciamis juga sudah tiga kali memberikan bantuan untuk biaya melanjutkan pembangunan masjid.

Namun biaya yang dibutuhkan begitu besar, sampai-sampai pembangunan masjid tersebut belum bisa diselesaikan. Dony juga menyangsikan entah berapa besar lagi anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

Dony mengaku tidak terlibat dalam kepanitiaan pembangunan masjid. Meski begitu, dia berharap, Pemkab Ciamis dan Propinsi bisa memberikan anggaran bantuan untuk menyelesaikan pembangunan Masjid Raya Situ Lengkong Panjalu. (dji/R4)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles