(Pemdes Lumbung) Gelar Khitanan Masal & Berikan Santunan

29/11/2012 0 Comments

Pemerintah Desa Lumbung Merihakan peringatan Tahun Baru Islam dengan menggelar khitanan masal dan memberikan santuan. Foto : Eji Darsono/HR.

Lumbung, (harapanrakyat.com),- Menyambut Tahun Baru Islam 1434 Hijriyah, Pemerintah Desa Lumbung menggelar khitanan masal, Minggu (25/11). Tidak hanya dihadiri masayrakat, acara tersebut itu juga dihadiri Wakil Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin

Ketua Panitia, Drs. Eman Sulaeman Rosid, mengatakan, Pemerintah Desa Lumbung selalu menggelar khitanan masal secara ruitn, setiap kali kegiatan memperingati tahun baru Islam.

Menurut Eman, selain khitanan masal, berbagai kegiatan lainnya juga digelar untuk meramaikan suasana tahun baru. Acara peringatan tahun baru Islam di Desa Lumbung juga melibatkan banyak kalangan masyarakat.

“Melalui momentum ini, diharapkan agar masyarakat bisa lebih meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah,  sehingga peringatan tahun baru Islam ini lebih bermakna,” katanya.

Kades Lumbung, Yuyu Wahyu, mengatakan, yang menjadi tema kegiatan kali ini, “Tingkatkan ketaqwaan, kesolehan sosial sesama umat”. Acara juga dimeriahkan dengan Tausiah dari Sekjen Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kab. Ciamis.

Yuyu menyebutkan, khitanan masal juga disertai pemberian santunan. Hal itu merupakan wujud kepedulian Pemdes Lumbung kepada masyarakat. Acara khitanan masal sendiri diikuti oleh 21 anak.

“Sedangkan santunan dibagikan kepada 60 anak yatim. Acara ini juga terlaksana berkat kerjasama Pemdes Lumbung dengan PMI Bogor,” ungkapnya.

Senada dengan itu, ketua MUI Kec. Lumbung, Drs. Amin Johari, mengatakan, kegiatan sosial (khitanan masal dan santunan) yang dilaksanakan melalui rangkaian peringatan tahun baru Islam kali ini, hendaknya jadi tolak ukur untuk masa depan yang lebih baik.

Wabup Ciamis, Iing Syam Arifin, dalam sambutannya, mengatakan, Iing mengajak agar tahun baru Islam bisa dirayakan dengan semarak, sebagaimana kebanyakan orang merayakan tahun baru masehi.

Namun begitu, Iing juga menghimbau agar momentum tahun baru Islam tersebut bisa dijadikan ajang untuk berintrospeksi diri, guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Alloh SWT. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply