Potensi Terpendam, Wisata Alam Kedungwuluh

22/11/2012 0 Comments

Potensi wisata alam di wilayah Kedungwuluh Kec. Padaherang perlu perhatian dan pengembangan. Diperkirakan, potensi tersebut berpeluang menjadi sumber PAD. Foto : Warino/HR.

Padaherang, (harapanrakyat.com),- Wilayah Desa Kedungwuluh Kec. Padaherang memiliki potensi wisata goa yang perlu dikembangkan. Goa yang ada di tempat jumlahnya tidak sedikit alias banyak. Goa-goa itu letaknya tidak jauh, sekitar 60 menit (jalan kaki) dari Jalan Raya Padaherang. Jika dengan kendaraan jarak tempuh hanya mencapi 15 menit.

Syahrudin Heri Rosadi,  tokoh masyarakat Desa Kedungwuluh, beberapa waktu lalu mengatakan, Goa Rawas berada di wilayah Gunung Karang yang ada di Desa Kedungwuluh. Tidak jauh dari sana, terdapt juga goa lainnya, seperti Goa Pawon, Goa Tumang, Goa Lawa, Goa Panyingkiran, dan Goa Gelong.

Kepada HR, Syahrudin juga menyebutkan, selain potensi wisata goa, Desa Kedungwuluh juga memiliki potensi wisata air terjun atau curug. Curug tersebut disebut sebagai Curug Bunton, yang memiliki ketinggian mencapai 80 meter.

“Bahkan ada juga potensi wisata air panas disini. Yang pasti, potensi wisata alam ini harus bisa dikembangkan sebagai kawasan yang dapat memberikan kesejahteraan bagi warganya,,” ungkap Syahrudin.

Di tempat terpisah, Supardi, Tokoh Pemuda Tani, mengatakan, potensi wisata alam goa, curug dan air panas, serta hutan rakyat yang terdapat di Gunung Karang Kedungwuluh bisa membantu meningkatkan pendapatan desa.

“Selama ini potensi itu dibiarkan tanpa ada perhatian serius dari pemerintah. Padahal jika dikelola dengan baik, itu semua bisa menjadi sumber PAD,” katanya.

Supardi berharap, kedepan pemerintah Desa dan Kecamatan khususnya DOB Pangandaran, bisa lebih bijaksana untuk menjadikan Desa Kedungwuluh sebagai Pusat Wisata Alam. (warino)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!