Sebuah Visi dalam Harapan

08/11/2012 0 Comments

(9 Tahun Mingguan Umum Harapan Rakyat)

Jejak langkah sebuah media lokal yang memfokuskan peredarannya di wilayah Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar, surat kabar Harapan Rakyat atau dikenal dengan sebutan HR, pada 10 November 2012 berusia 9 tahun.

Sejak dilahirkan 10 November 2003 lalu, surat kabar Harapan Rakyat telah mampu bertahan dari sengitnya pertempuran Industrialisasi Pers di negeri ini. Meski berlabel Koran lokal, HR memiliki visi menjadi Koran lokal berpenampilan global.

Visi itu terkadang sebuah keniscayaan bagi setiap orang yang mendengarnya, mana mungkin Koran lokal mampu menjadi global, ditengah gempuran para pemodal besar yang terjun ke dunia Pers.

Dasar pemikiran itulah yang menjadi semangat kami untuk tetap bertahan dan melangkah lebih maju. Mempertahankan sebuah visi dan misi, untuk menjadi surat kabar lokal yang mampu menyuguhkan berita daerah tersiar secara luas, memang bukan sebuah pencapaian mudah.

HR hingga detik ini tetap konsisten memberitakan kabar dari seluruh pelosok kecamatan dan desa yang berada di Kabupaten Ciamis dan kota Banjar, dan tahun depan 2013 HR akan memiliki kolom baru untuk pemberitaan seputar Kabupaten Pangangdaran, di daerah otonom baru dan menjadi kabupaten terbungsu di Jawa Barat.

Untuk semakin memperluas kabar berita di ketiga wilayah tersebut, di usia yang ke 7 tahun kami berinovasi dengan menluncurkan HR edisi digital yang dapat di klik www.harapanrakyat.com .

Tujuan pengembangan edisi digital agar para pembaca dapat mengakses secara mobile, juga mempermudah Urang Banjar, Ciamis dan Pangandaran yang berada jauh di perantauan dapat mengetahui kondisi terkini di kampung halamannya. Dan yang pastinya menuju pencapaian Misi HR yaitu menjadi surat kabar lokal memiliki jangkauan edar secara luas.

Pengembangan edisi cetak memang menjadi kendala besar saat ini bagi para pengelola media, bukan hanya secara nasional bahkan kelas dunia pun mulai kesulitan dalam pengembangan media cetak.

Berdasarkan data berbagai lembaga survey, telah terjadi penurunan cukup besar perminta pembaca media cetak. Di tahun 2011 telah terjadi penurunan hingga 24% pembaca media cetak di seluruh dunia. Bahkan, ditahun 2012 ini sebuah media cetak internasional beralih haluan menjadi media digital atau portal news.

Surat kabar yang telah akrab dengan khalayak pembaca sepertinya tergerus seiring perkembangan teknologi. Dengan menjamurnya media online, seolah telah membuat ‘mahzab baru’ dalam dunia jurnalistik, yaitu jurnalisme online.

Kenapa begitu cepat berkembang media online?, sebab media online memiliki keunggulan dibandingkan dengan yang lainnya. Seperti dikatakan James C. Foust dalam bukunya, Online Journalism: Principles and Practice of News for The Web (2005).

Pertama, Audience Control, audiens lebih leluasa dalam memilih berita. Kedua, Nonlienarity, tiap berita yang disampaikan dapat berdiri sendiri atau tidak berurutan. Ketiga, Storage and retrieval, berita tersimpan dan diakses kembali dengan mudah. Keempat, Unlimited Space, memungkinkan jumlah berita jauh lebih lengkap ketimbang media lainnya.

Selain itu, media online juga dinilai sebagai media yang Immediacy, yaitu cepat dan langsung. Dan memiliki Multimedia Capability, bisa menyertakan teks, suara, gambar, video dan komponen lainnya dalam berita. Dan yang lebih menariknya, yaitu adanya Interactivity, memungkinkan adanya peningkatan partisipasi pembaca.

Mengingat hal itu, di tahun 2013 nanti diusia yang ke 9 Tahun HR edisi digital akan hadir juga dalam suguhan berita online yang dinamis. Media cetak tidak akan kami tinggalkan, HR edisi cetak akan tetap hadir setiap minggunya dan terbit setiap hari rabu.

Langkah persiapan untuk men-dinamiskan HR Online telah kami mulai sejak bulan November tahun ini. Kejadian-kejadian terhangat akan terkabarkan setiap harinya di HR online. Bahkan, di usia yang ke 9 tahun ini kami pun memberikan sajian terbaik di media cetak HR mingguan.

Tampilan cetak serta ketebalan kertas, dan suguhan berita investigasi mendalam dengan prinsip cover both size investigation, akan semakin kentara dalam setiap edisinya. Semua itu kami lakukan sebagai rasa terima kasih HR kepada para pembaca setia, yang selama 9 tahun ini selalu menantikan berita khas HR di setiap hari Rabu.

Kepada rekan-rekan wartawan yang selama ini telah bersama membangun dan membesarkan HR, saya ucapkan rasa bangga dan terima kasih untuk tetap professional dan terus bertransformasi dan inovasi tiada henti.

Tak lupa juga kepada mitra dan kolega HR, dengan tetap mempercayai kami untuk maju terus menjadi media lokal berpenampilan global. Redaksi tak akan bosan untuk meminta Kritik dan saran dari pembaca, yang merupakan semangat terbaik kami, untuk terus berusaha keras menjadikan HR sebagai media lokal yang terpercaya.

(Subakti Hamara/Pimpinan Redaksi surat kabar Harapan Rakyat)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply