(SMAN 1 Baregbeg) Kesal, Unigal Pakai Aset Sekolah Tanpa Aturan

29/11/2012 0 Comments

Yayasan Ngaku sudah minta ijin kepada pihak sekolah

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Penggunaan aset ruang kelas milik SMAN 1 Baregbeg oleh pihak Universitas Galuh (Unigal)  Ciamis dinilai menyalahi aturan. Pasalnya, selama ini penggunaan tersebut tidak dibarengi pemberitahuan kepada pihak sekolah, Dinas Pendidikan dan Pemkab Ciamis.

Kepala SMAN 1 Baregbeg, Kamis (22/11), mengungkapkan, ruang kelas milik SMAN 1 Baregbeg yang digunakan pihak Unigal menjadi enam kelas. Padahal sebelumnya, Unigal hanya diperkenankan hanya mengunakan tiga kelas.

“Akibatnya, fasilitas sekolah menjadi berkurang. Karena ruang laboratorium milik SMAN 1 Baregbeg secara sepihak digunakan untuk kuliah mahasiswa Unigal. Padahal, pihak sekolah sangat memerlukan ruang tersebut untuk PKBM,” ungkapnya.

Menurut Sudarman, penggunaan ruang kelas SMA yang dilakukan pihak Unigal juga berimbas terhadap jumlah ruang belajar siswa. Saat ini, kata dia, kekurangan kelas di SMA mencapai 6 lokal.

Lebih jauh, Sudarman menuturkan, komitmen antara Yayasan Pendidikan Galuh (YPG)  dan Komite sekolah, menyebutkan bahwa pihak sekolah hanya meminjamkan tiga ruang untuk ruang kuliah mahasiswa.

Faktanya, sampai sekarang pihak Unigal menggunakan 6 ruang kelas milik SMA. Ironisnya, penggunaan ruang kelas tersebut tanpa pemberitahuan kepada pihak sekolah. Menindaklanjuti hal itu, pihak sekolah sudah berkordinasi dengan Unigal, tapi sampai sekarang tidak ada respon.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Ciamis, H. Tatang, mengatakan, pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan dari pihak Yayasan Unigal terkait penggunaan kelas milik SMAN 1 Baregbeg.

“SMAN 1 Baregbeg sudah jadi milik Pemkab. Ciamis. Dan kami belum menerima laporan atau pemberitahuan soal penggunaan kelas oleh pihak Unigal,” ungkapnya.

Tatang menuturkan, jika pihak SMAN 1 Baregbeg keberatan dengan penggunaan ruang kelas tersebut, alangkah baiknya dikordinasikan dengan pihak YPG yang menaungi langsung Unigal. Dan jika pihak Unigal ingin menggunakan ruang kelas, juga sebaiknya menempuh aturannya.

Di tempat berbeda, Ketua Yayasan Pendidikan Galuh, R. Dida Yudanegara, menjelaskan, penggunaan ruang kelas itu, tidak berarti bahwa pihak yayasan ingin menguasai kembali bangunan SMAN 1 Baregbeg, yang sudah diberikan pihak yayasan kepada Pemkab. Ciamis.

“Kami hanya menggunakan ruang kelas yang tidak dipakai saja oleh sekolah. Daripada tidak digunakan, lebih baik diisi oleh mahasiswa. Terkait penggunaan kelas tersebut, kami sudah minta ijin kepada sekolah,” pungkasnya. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply