Suguhan Jempol dari Pekan Indonesia Kreatif Diksastrasia Unigal 2012

02/11/2012 0 Comments

Deretan poster grafis bernuansa realis dan surealis, dari berbagai tema dan judul pementasan teater Karya Mahasiswa Bahasa Indonesia FKIP UNIGAL turut mewarnai kesegaran Pekan Indonesia Kreatif dalam rangka Bulan Bahasa, di Auditorium Unigal, 2-4 November 2012 ini. Foto : DIcky Haryanto Adjid/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ditengah minimnya berbudaya bahasa Indonesia saat ini, sebuah gagasan nan-unik dan cerdas, berhasil di apresiasi dalam sebuah perhelatan yang diselenggarakan program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (Diksastrasia) FKIP Unigal.

Acara yang menyuguhkan parade poster, pentas teater dan pameran ragam buku karya sastra lawas, maupun kontemporer, seminar bahasa, musikalisasi puisi dan pameran fotografi digelar dengan apik bekerjasama dengan komunitas Teater Pijar FKIP Unigal, yang dikemas dalam sebuah acara Pekan Indonesia Kreatif 2012.

Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati bulan bahasa yang jatuh pada tanggal 2-4 November 2012, bertempat di auditorium Unigal. Tema yang diusung yaitu, Meningkatkan kompetensi dan kecintaan Bahasa Indonesia, ternyata menjadi sebuah sungguhan yang hidup dan tak membosankan.

Hal itu dapat terlihat dari 400 mahasiswa prodi Bahasa Indonesia dari berbagai tingkatan, serta mahasiswa jurusan lainnya ikut serta dalam acara tersebut. Pekan Indonesia Kreatif tahun ini dibuka secara resmi langsung oleh Rektor Uningal, Prof.Dr. Suherly, M.Pd.

“Ditengah keprihatinan terhadap apresiasi Bahasa Indonesia, Prodi Bahasa Indonesia FKIP Unigal  bisa membuktikan diri menggelar acara ini,” ucap Suherly.

Peran guru Bahasa Indonesia, kata Suherly, sangatlah vital dalam mentransfer ilmu kepada para siswanya. “Apalagi metode mengajar 20 persen komunikasi diarahkan oleh guru, sisanya oleh siswa. Pekan Indonesia Kraetif akan banyak menginspirasi metode pengajaran,” tambahnya.

Sementara itu, Dekan FKIP Unigal, Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs. MSi,  mengatakan, sangat mengapresiasi acara Pekan Indonesia Kreatif yang telah digelar untuk keempat kali. “Salut atas dedikasi jajaran dosen dan mahasiswa dalam menyelenggarakan acara PIK 2012,” ucapnya.

Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unigal, Dra. Tety Gumiaty, M.Pd., mengatakan, pihaknya akan terus mengupayakan kreativitas dan apresiasi serta kompetensi para mahasiswanya.

“Gelaran PIK kami pertahankan agar menjadi tradisi. Bahkan sekarang mengundang pegiat bahasa kaliber nasional,  dan lokal. Agar ada kegairahan pada calon guru bahasa Indonesia kelak,” tandasnya.

Pekan Kreatifitas Indonesia akan memanjakan anda mulai dari lagu, puisi, musikalisasi, grafis, jurnalistik fotografi, dipadu jadi sosok yang utuh, bernas dan segar. Dan tak ketinggalan, puluhan poster realis dan surealis karya mahasiswa makin mempercantik suasana.

Tak heran juga, ratusan peserta antusias melihat, mendengar, meresapi ragam keilmuan berbahasa Indonesia dari pembicara Nasional  seperti, DR. Tisna Sanjaya M.Sch , penyair Godi Suwarna, dan seabreg pentas seni lainnya. (DK/R1)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!