Tebing Sungai Cileueur di Desa Utama Ambrol

08/11/2012 0 Comments

Warga Minta Pemkab Ciamis segera Memperbaikinya

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Tebing penahan arus Sungai Cileueur yang dibangun pada tahun 2006, di Desa Utama Kec Ciamis ambrol. Akibat peristiwa tersebut, sawah dan kolam milik warga sekitar tertutupi tanah.

Johan, warga Utama, Sabtu (3/10), mengatakan, ambrolnya tebing Sungai Cileueur tersebut sudah berlangsung lama. Sayangnya, kondisi itu dibiarkan tanpa ada perbaikan dari Pemerintah kab. Ciamis.

“Jika tebing sungai tersebut tidak segera diperbaiki, jelas tanah warga yang berada di pinggir sungai akan terbawa arus sungai. Selain itu, tanah sawah dan kolam warga juga akan terancam,” ungkapnya.

Apalagi, kata Johan, sekarang ini curah hujan semakin tinggi, dan bisa mengakibatkan arus air Sungai Cileueur juga akan meningkat. Karena peristiwa ambrolnya tebing sungai tersebut, juga terjadi di saat musim penghujan.

“Sekitar dua puluh meter tebing sungai yang ambrol. Kini mengikis tanah yang berada di pinggir sungai. Jika tidak segera ditangani, akan membawa masalah besar bagi warga Desa Utama,” katanya.

Kepala Bagian Sumber Daya Air Dinas Bina Marga Kab. Ciamis, Agus Komara, menjelaskan tebing sungai tersebut memang sudah lama ambrol. “Untuk perbaikannya, perlu pembiayaan yang cukup, agar kualitasnya baik,” ungkapnya.

Namun sayang, biaya perbaikan tebing Sungai Cileueur belum masuk dalam anggaran perubahan tahun ini. Dengan begitu, perbaikan tebing baru bisa dilakukan pada anggaran murni tahun 2013. (es)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply