50 Guru Ikuti Seleksi Calon Kepsek

06/12/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com).- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Banjar, siap mengirimkan 50 orang peserta pelatihan calon kepala sekolah (kepsek) dari berbagai jenjang, yang akan diseleksi melalui sistem akademik di tingkat provinsi pada Januari 2013 mendatang.

Sebanyak 50 peserta yang terpilih merupakan guru unggulan, dan telah memenuhi persyaratan diantaranya, 25 orang guru SD, 11 guru SMP, 9 guru tingkat SMA, dan 5 guru dari SMK. Hasil dari seleksi nanti akan dijaring lagi menjadi 30 orang, sesuai kuota yang diberikan pemerintah pusat untuk Kota Banjar.

Koordinator Pengawas Disdikpora Kota Banjar, Drs. Ruhiyat Suzek, MM., mengatakan, gambaran secara teknis dalam penyeleksian akademik terdiri dari lima aspek penilaian, yakni rekomendasi kepala sekolah, rekomendasi pengawas, makalah kepemimpinan, Penilaian Kinerja Guru (PKG), serta Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK).

“Untuk menciptakan seorang kepala sekolah siap berprestasi itu dibuktikan melalui seleksi penilaian makalah kepemimpinan, PKG dan AKPK. Setelah dinyatakan lulus, maka ke 30 peserta secara otomatis akan langsung mengikuti pelatihan di Solo selama 3 bulan. Mereka harus mampu presentasi kerja hasil on job learning dengan tim penilai dari LP2KS Kota Solo dan LPMP Jabar,” ujarnya, Senin (3/12).

Suzek juga mengatakan, setelah mengikuti beberapa tahap seleksi tersebut, selanjutnya para peserta akan mengikuti penilaian akseptabilitas atau kesiapan, kelayakan untuk ditempatkan di sekolah sesuai dengan tingkatannya.

“ Karena Kota Banjar menjadi kota percontohan pertama, sehingga diharapkan hasil dari pelatihan dapat menciptakan kepala sekolah berkualitas, siap ditempatkan dimana saja sesuai jenjangnya dalam lingkup Kota Banjar,” kata Suzek. (HND)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply