BPPT Belum Jadi “Gerbang Investasi”

06/12/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD Kabupaten Ciamis, drh. Totong Karyo   menilai Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kab. Ciamis belum dijadikan sebagai “Gerbang Investasi”. Padahal menurut dia, di kota atau kabupaten yang perekonomiannya maju, BPPT merupakan Gerbang Investasi daerah tersebut.

Totong mengungkapkan, yang menjadi parameter BPPT Kab. Ciamis belum dijadikan Gerbang Investasi adalah belum optimalnya dukungan dana program dari Pemkab untuk program promosi dan investasi, minimnya dukungan peningkatan fasilitas sarana dan prasarana BPPT.

Kemudian, kata Totong, belum terealisasinya perizinan teknis di BPPT, dimana terkesan perizinan teknis masih dipegang oleh dinas-dinas tertentu. Padahal BPPT sedari awal harus dijadikan badan yang mengelola seluruh perizinan.

Menurut Totong, seharusnya dinas-dinas teknis bisa bersikap legowo, bila perizinan teknis dikelola oleh BPPT. Hal tersebut sebagai bukti komitmen pemerintah untuk melayani investor yang akan masuk ke Ciamis.

Lebih jauh, Totong menyebutkan, payung hukum dari konsep pelayanan perizinan satu pintu sudah ada dan mencukupi. Contohnya Inpres No. 3 Tahun 2006 tentang Paket kebijakan perbaikan iklim investasi.

Selain itu, ada juga aturan Permendagri No. 24 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Permendagri No. 20 Tahun 2008 tentang Pedoman Organisasi dan tata kerja unit Pelayanan Perizinan Terpadu di daerah.

“Pada prinsipnya, aturan itu untuk mengamanatkan kepada Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk membentuk kelembagaan pelayanan terpadu melalui satu pintu,” imbuhnya.

Yang menjadi parameter lainnya, lanjut Totong, adalah penampilan dari gedung BPPT Kab. Ciamis itu sendiri. Soalnya, wajah gedung Kantor BPPT mewakili “wajah” Kab. Ciamis secara keseluruhan.

“Termasuk juga dukungan fasilitas pelatihan, khususnya bagi personil yang melayani soal promosi dan investasi,” tegasnya.

Dia berharap, dalam era persaingan yang ketat seperti sekarang ini, Pemkab. Ciamis harus menjadikan BPPT sebagai Gerbang Investasi di Ciamis. “Peningkatan PAD dan Pajak Daerah bersumber dari seberapa banyak unit usaha yang dimotori oleh para investor,” pungkasnya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!