Di Pangandaran Perlu Berdiri Perguruan Tinggi Negeri

06/12/2012 0 Comments

Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Terbentuknya Kabupaten Pangandaran menjadi Daerah Otonom Baru (DOB), tentunya perlu dipikirkan strategi untuk membangun wilayah itu menjadi daerah mandiri. Selain menggenjot potensi parawisata yang menjadi andalan di wilayah itu, juga perlu dipikirkan mendirikan Perguruan Tinggi Negeri untuk mendorong kemajuan SDM (Sumber Daya Manusia) di pesisir selatan Jawa Barat itu.

Ketua Komisi II DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, mengatakan, penggalian pontensi parawisata di Pangandaran perlu didukung dengan berdirinya sebuah Perguruan Tinggi Negeri di daerah itu. Perguruan Tinggi yang dimaksud, yakni berbentuk Politeknik yang mengambil jurusan Parawisata dan Kemaritiman atau Kelautan.

“Dalam menggali sebuah potensi daerah juga perlu didukung oleh SDM yang mumpuni. Se-kaya apapun sebuah daerah, tp tidak didukung oleh SDM masyarakat-nya yang mumpuni, tentunya sulit untuk daerah itu cepat maju,” ujarnya, kepada HR, di Pangandaran, beberapa waktu lalu.

Menurut Agun, di daerah Jawa Barat, Perguruan Tinggi Negeri hampir seluruhnya terpusat di Bandung sebagai Ibukota Provinsi. Jika seluruh PTN seluruhnya harus di Bandung, tentunya akan menghambat kemajuan SDM di daerah lain di Jawa Barat. “Tentunya perlu terobosan baru. Misalnya, di daerah Pantura Jawa Barat dan di pesisir pantai selatan Jawa Barat, harus berdiri PTN. Dan pendirian PTN tidak harus selalu di Bandung,” tegasnya.

Apabila pendirian PTN dilakukan di Pangandaran, lanjut Agun, dia yakin pontensi parawisata dan kemaritiman di Pangandaran akan lebih tergali. “Dengan hadirnya Politeknik ini di Pangandaran, selain akan berpengaruh terhadap penggalian potensi, juga akan menghidupkan kota Pangandaran sendiri. Karena akan banyak dari daerah lain yang kuliah ke Pangandaran,” ujarnya.

Agun juga mengungkapkan, dia sebagai wakil rakyat dari Dapil Ciamis, akan mengusulkan ke pemerintah pusat agar daerah-daerah DOB baru, salah satunya Pangandaran, untuk diperhatikan dari sisi anggaran guna percepatan pembangunan di daerah itu.

“Kita juga akan mengusulkan soal pendirian PTN di Pangandaran ini ke pemerintah. Karena setelah Kabupaten Pangandaran ini terbentuk, ke depannya harus menjadi daerah yang mandiri dan bisa sejajar dengan daerah lain,” ujarnya.

Menurut Agun, faktor potensi SDA (Sumber Daya Alam) yang dimiliki Pangandaran sedikitnya menjadi modal untuk menciptakan dearah maju. “Yang perlu dipikirkan, tinggal bagaimana menggali pontensi tersebut,” pungkasnya. (Bgj)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply