DPU Kota Banjar Rampungkan Pembangunan Infrastruktur TA 2012

13/12/2012 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Selama tahun anggaran 2012, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Banjar, telah melaksanakan beberapa kegiatan pembangunan sarana infrastruktur, diantaranya pembangunan Lapang Bakti yang dijadikan taman kota, pengembangan prasarana sanitasi berbasis masyarakat/MCK, pekerjaan jaringan air bersih, pembuatan drainase dan gorong-gorong, serta pembuatan trotoar.

Kepala DPU Kota Banjar, Ir. H. Ojat Sudrajat, MM., mengatakan, untuk pembangunan Lapang Bakti selesai tahun 2012, setelah tahun sebelumnya pengerjaan di lokasi tersebut terfokus pada utilitas drainase dan pemasangan kirmir.

Sedangkan, untuk pekerjaan pengembangan prasarana sanitasi berbasis masyarakat/MCK, dilaksanakan di tiga desa. Pekerjaan ini dilaksanakan dengan tujuan peningkatan kualitas hidup dan kualitas kesehatan masyarakat, sehingga target MDG’s tercapai.

Kemudian, pekerjaan air bersih di Kota Banjar dilakukan dalam rangka peningkatan pencapaian jaringan air bersih yang layak kepada masyarakat. Serta mengurangi dampak negatif kekeringan di beberapa daerah yang mengalami kesulitan air bersih.

“Lalu, pembuatan drainase dan gorong-gorong dilaksanakan dengan tujuan mengurangi potensi banjir dan genangan air, sehingga lingkungan permukiman di Kota Banjar dapat tertata dengan baik,” kata Ojat.

Sementara untuk pembangunan trotoar dan drainase dilaksanakan di Kec. Langensari dengan tujuan penataan lingkungan perkotaan, dimana daerah tersebut merupakan kecamatan yang berbatasan langsung dengan Prov. Jateng. Sehingga, penataan Langensari menjadi kebutuhan dalam rangka peningkatan lingkungan perkotaan yang sehat dan baik.

Semua itu merupakan bagian dari sejumlah pekerjaan yang ada dalam beberapa program kegiatan di DPU Kota Banjar tahun anggaran 2012. Program kegiatan tersebut diantaranya peningkatan sarana dan prasarana aparatur, pengembangan prasarana sanitasi berbasis masyarakat/MCK.

Program lingkungan sehat perumahan, pembangunan saluran drainase/gorong-gorong, program pengembangan kinerja pengelolaan air minum dan air limbah,  pengembangan wilayah strategi dan cepat tumbuh, serta program pembangunan infrastruktur perdesaan/kelurahan.

Sedangkan, untuk kegiatan yang masuk dalam anggaran perubahan diantaranya pembuatan dan perbaikan jalan dan drainase di sejumlah wilayah, serta pemasangan pipa distribusi pengelolaan pipa jaringan air minum (lanjutan). (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!