Enam Koptan Terima Bantuan Sapi Penjaringan

13/12/2012 1 Comment

Bidang Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian Kota Banjar, bersama kelompok tani penerima bantuan tengah mencocokan nomor yang tertera dalam kertas hasil pilihan mereka, dengan nomor yang tercantum pada setiap sapi. Foto : Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),- Bidang Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian (Distan) Kota Banjar, menyerahkan bantuan sapi ternak secara langsung kepada enam kelompok tani (koptan), diantaranya Koptan Mulya Lestari, Mekar Mandiri, Sri Rahayu, Cimanggu I, Sinar Harapan, dan Koptan Motekar.

Penyerahan bantuan yang dipusatkan di Rumah Potong Hewan (RPH), Doboku, Kel. Pataruman, dilakukan oleh Kabid. Peternakan dan Perikanan Distan Kota Banjar, Ir. Ngadimin, Selasa (11/12).

Ngadimin mengatakan, total bantuan sesuai anggaran jumlahnya sebanyak 30 ekor. Namun, saat ini bantuan belum bisa dibagikan semuanya lantaran dari 30 ekor sapi, 11 ekor diantaranya belum dilunasi oleh pemerintah karena anggarannya belum turun.

Meski demikian, kelompok tidak perlu khawatir lantaran dalam minggu-minggu ini kekurangan tersebut semuanya sudah dapat diambil. Untuk sementara ini, 11 ekor sapi yang belum dibagikan masih ditampung di RPH, dan semua biaya perawatan selama di RPH ditanggung pihak dinas.

Dikatakan Ngadimin, karena program bantuan yang diberikan ini merupakan sapi penjaringan, jadi besarannya tidak akan sama. Untuk pembagiannya dilakukan dengan cara pengundian melalui nomor yang dipilih langsung oleh perwakilan dari masing-masing kelompok.

“Hal itu dilakukan agar tidak ada kecemburuan diantara kelompok. Kalau dibagikan oleh kita, nanti kelompok yang mendapatkan sapinya lebih kecil disangkanya kita tidak adil. Tapi kalau diundi, maka setiap kelompok tinggal mencocokkan nomor yang tertera dalam kertas hasil pilihan mereka, dengan nomor yang tercantum pada setiap sapi,” jelasnya.

Kemudian selain itu, bantuan yang diterima kelompok jumlahnya tidak sama, tergantung kajian potensi dan kebutuhan kelompok. Jadi, bagi yang dapat sedikit jangan merasa ngiri.

Enam kelompok penerima bantuan sapi diantaranya Koptan Mulya Lestari, Desa Langensari mendapatkan 5 ekor, Koptan Mekar Mandiri, Kel. Muktisari 6 ekor, Koptan Sri Rahayu, Desa Kujangsari 4 ekor, Koptan Cimanggu I, Desa Batulawang 6 ekor, Koptan Sinar Harapan, Desa Rejasari 5 ekor, dan Koptan Motekar, Desa Situbatu 4 ekor. (Eva)

About author

Related articles

1 Comment

  1. warino December 13, at 21:22

    selamat beternak sapi buat kelompok yg menerima bantuan sapi, semoga Banjar menjadi sentra sapi segera terwujud.

    Reply

Leave a Reply