Fasilitas Terbatas, Sekolah Pakai Ruangan Seadanya

13/12/2012 0 Comments

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 5 Linggasari di Jl. Oto Iskandardinata Kel. Linggasari Kec. Ciamis Kab. Ciamis perlu menambah sarana penunjang pendidikan. Saran itu diantaranya Rungan ICT, Unit Kesehatan Sekolah UKS dan Ruang Kelas Baru (RKB). Tentunya kebutuhan itu untuk menunjang Proses Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Sekolah.

Saripudin S.,Pd, tenaga Pengajar, Selasa (11/12), mengatakan, akibat minim ruangan pihak sekolah terpaksa menggunakan fasilitas seadanya, khususnya untuk ruangan ICT dan UKS.

Meski diakui Saripudin, keterbatasan ruagnan yang dialami pihak sekolah sedikit menimbulkan sedikit hambatan terhadap aktifitas pembelajaran siswa di sekolah. Padahal, kata dia, jika dihitung secara ideal, sebenarnya jumlah siswa SDN 5 Linggasari sudah banyak, yakni mencapi 200 orang siswa.

Lebih lanjut, Saripudin menuturkan, sesuai dengan jumlah siswa yang saat ini terdata pihak sekolah, jumlah 200 siswa itu sudah dibagi menjadi delapan rombel (rombongan belajar). Sementara jumlah fasilitas ruangan hanya mencukupi untuk kapasitas 6 rombel.

“Bisa dibilang SDN 5 Linggasari masih butuh tambahan dua RKB,” katanya.

Menyiasati kondisi itu, kata Saripudin, pihaknya terpaksa membuat jadwal khusus untuk kelas 5 yang berjumlah 2 rombel. Siswa kelas lima memiliki kesempatan belajar di waktu siang, setelah siswa kelas 1 dan 2 pulang sekolah.

Kepala SDN 5 Linggasari, Drs. Agus Gustawan M.Pd, membenarkan kondisi tersebut. Keterbatasan fasilitas ruangan menjadi pekerjaan rumah yang harus segera mendapatkan porsi perhatian yang lebih besar.

Namun demikian, Agus, menyiasati apa yang dihadapi pihak sekolah dengan memanfaatkan sisa-sisa fasilitas yang masih bisa digunakan, meski hanya fasilitas seadanya (tidak representatif).

“Anggarannya memang belum siap. Tapi untuk lahan sudah kami sediakan. Untuk itu, kami juga berharap, Pemkab, ciamis bisa memberikan bantuan fasilitas kepada sekolah,” pungkasnya. (heri)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!