Field Study, SMA Informatika Kunjungi DPR RI

06/12/2012 0 Comments

Siswa dan guru SMA Informatika Ciamis sedang mendengarkan pemaparan tentang tupoksi Anggota DPR RI di Gedung Nusantara Dua. Kunjungan itu merupakan program Field Study yang rutin dilaksanakan pihak sekolah. Foto : Dian Sholeh WPHR.

Ciamis, (harapanrakyat.com),- SMA Informatika Ciamis menggelar acara field study (studi lapangan) untuk tahun ajaran 2012-2013, dengan mengunjungi gedung wakil rakyat DPR RI, di Jakarta, Senin (3/12). Kedatangan para siswa dan guru disambut langsung oleh Anggota Komisi I DPR RI, Ir H. Chandra Tirtawijaya dan anggota Komisi V Teguh Juwarno.

Field Study merupakan program tahunan, kali ini diikuti sekitar 204 peserta didik dan 25 orang guru pembimbing. Peserta Field Study mendapatkan wawasan dan pemahaman tentang peran serta fungsi DPR sebagai wakil rakyat.

Pada kesempatan itu, Chandra, mengatakan, anggota DPR adalah salah satu wakil rakyat yang dipilih melalui mekanisme partai politik. Fungsinya, membentuk Undang-undang yang dibahas dengan presiden untuk mendapat persetujuan bersama.

Selain itu, Lanjut Chandra, DPR juga menetapkan APBN bersama Presiden dengan pertimbangan DPD (Dewan Perwakilan Daerah), kemudian melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Undang-undang, APBN, serta kebijakan pemerintah yang mempunyai dasar hukum Pancasila dan UUD  1945.

“Kami sangat senang bisa bertemu dengan siswa SMA Informatika Ciamis. Selain silaturahmi, kunjungan ini juga sebagai ajang menambah pengetahuan dan wawasan tentang kerja anggota dewan,” ungkapnya.

Chandra juga berjanji, dirinya akan memberikan beasiswa kepada siswa SMA Informatika dari kelas IPA dan IPS yang berprestasi. Setiap tahunnya, dia akan menyiapkan anggaran beasiswa untuk 40 siswa.

Sementara itu, Ketua Yayasan Bina Nusantara Informatika Ciamis, Tatang Djauhari, mengatakan, acara field Studi kali ini memberikan warna yang berbeda. Selain berkunjung ke gedung nusantara dua (DPR RI), siswa dan guru juga mengunjungi mesjid istiqlal, dan asrama haji.

Tatang mengakui, pada tahun-tahun sebelumnya, field study SMA Informatika hanya sekedar rekreasi ke tempat bersejarah ataupun ke tempat pariwisata, dengan tujuan untuk refreshing dan menghilangkan kejenuhan setelah UAS.

Ketua acara field study, Fikri ST, menambahkan, kunjungan ke gedung DPR RI memberikan manfaat positif, karena para siswa tidak hanya melihat gedung wakil rakyat melalui televisi saja, akan tetapi bisa melihat langsung  gedung bahkan diberikan waktu untuk audiensi dengan wakil rakyat yang kebetulan mewakili Dapil X Ciamis, Banjar, Kuningan.  (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!