Jalin Kerjasama Bidang Penelitian

13/12/2012 0 Comments

(LPPM Unigal & Dikti)

LPPM Unigal Ciamis bekerjasama dengan DIkti menggelar acara pelatihan penyusunan proposal penelitian bagi dosen dan peneliti muda Ciamis. Foto : Dicky Haryanto Adjid/HR.

Ciamis, (harapanrakyat.com), Apa jadinya jika dosen atau peneliti muda di suatu perguruan tinggi gagap dalam membuat proposal penelitian. Padahal sebagai civitas akademika kampus, mereka dituntut untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, salah satunya yakni Penelitian dan Pengembangan.

Kini hal tersebut bukan menjadi kekhawatiran lagi. Sebab Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Galuh (Unigal), beberapa waktu lalu, menjalin kerjasama dengan Direktorat Penelitian dan Pengembangan Dirjen Dikti Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Bentuk kerjasama itu tertuang dalam kegiatan pelatihan penyusunan proposal penelitian, yang diselenggarakan oleh LPPM, di aula Pasca Sarjana Unigal. “Pelatihan tersebut menjawab tantangan dunia penelitian dosen atau peneliti muda Unigal untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ungkap Drs. Agus Dedi, M.Si, Sekretaris Eksekutif Bidang Penelitian LPPM Unigal, didampingi Agung Prawiranegara, S.P, Kasubag Keuangan.

Agus mengatakan, acara yang digelar kedua kalinya itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dosen dan peneliti di LPPM, supaya dapat menyusun proposal penelitian yang tentunya bersifat ilmiah, dan sesuai dengan standarisasi penyusunan proposal.

Menurut Agus, pihaknya sangat konsen dalam peningkatan kualitas SDM para Peneliti di lingkungan kampus Unigal. Untuk itu, LPPM mendorong angka partisipasi peneliti kampus agar lebih meningkatkan kompetensi.

Sementara itu, Kasubag Keuangan LPPM, Agung Prawiranegara, menambahkan, acara pelatihan penyusunan proposal tersebut tidak hanya diikuti kalangan civitas akademika Unigal, melainkan dari perwakilan kampus STAI NU Maarif Ciamis, Stikes Muhammadiyah Ciamis, dan Stikes Banjar.

“Pematerinya langsung kami datangkan dari Dikti, yakni Prof. Dr. Lili Warli dan DR. Eniman Y Syamsudin. Alhamdulillah antusias peserta hingga sesi kedua sangat tinggi mengikuti materi yang dipaparkan,” pungkasnya. (DK)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!