Kakek 70 Tahun Nekad Gantung Diri

06/12/2012 0 Comments

(Diduga Putus Asa Penyakit Tak Kunjung Sembuh)

Langensari, (harapanrakyat.com),- Diduga merasa putus asa dengan penyakit ambeien dan darah tinggi yang dideritanya sejak satu tahun silam, Karsono (70), warga Dusun Sukanagara, RT.7/02, Desa Waringinsari, Kec. Langensari, Kota Banjar, nekad mengakhiri hidupnya secara tragis dengan menggantung diri di rumahnya, Selasa (4/12), sekitar pukul 06.00 WIB.

Kepada HR, Sami, istri Karsono, menuturkan, pada awalnya dia dan keluarganya akan membawa suaminya berobat ke daerah Jawa Tengah. Sekitar pukul 05.30 WIB, Sami dan Karsono masih berbincang membicarakan rencana berobat tersebut.

Tidak lama kemudian, Sami pergi ke rumah anaknya yang jaraknya agak jauh, tujuannya mau merundingkan masalah berobat Karsono.

“Selang setengah jam setiba di rumah. Saya dan anak merasa heran, rumah dikunci dari dalam. Setelah berusaha masuk lewat pintu belakang, begitu pintu dibuka. Saya  langsung berteriak, dan hampir tidak sadarkan diri melihat suami sudah terjerat seutas tali diikatkan ke blandar rumah di dapur,” tutur Sami.

Perasaan kaget dan haru juga diungkapkan Sugiman, salah seorang tetangga korban. Dirinya tidak menyangka Karsono bisa nekad mengakhiri hidupnya seperti itu. Padahal, kakek berusia 70 tahun itu sangat ramah dan sering bercanda.

“Kemarin sore (3/11-Red), masih melihat dia sedang membetulkan pagar di belakang rumah. Melihat kondisinya lumayan sehat, bahkan kakek berusia 70 tahun itu terlihat gagah, dan masih bisa bekerja sebagai petani,” kata Sugiman.

Sementara itu, Kepala Desa Waringinsari, Liwon Saryo, saat ditemui HR di rumah korban, mengatakan, dirinya sangat menyayangkan dengan adanya kejadian itu di desanya.

“Turut berduka cita, dan kepada keluarga korban yang ditinggalkan supaya diberi kesabaran. Karsono katanya tidak mau masuk Jamkesmas, entah apa yang ada di benaknya. Padahal bila masuk tidak akan dikenai biaya bila dirujuk ke RSUD Banjar. Bila ada keluhan dari masyarakat, coba lapor ke RT/RW, agar desa bisa langsung merespon,” harap Liwon.

Di tempat terpisah, Kasie. Humas Polsek Langensari, Soekirna, menjelaskan, penyebab meninggalnya Karsono murni bunuh diri, dengan cara menggantung diri menggunakan tali tambang plastik, karena tidak ada tanda-tanda bekas kekerasan di seluruh anggota tubuhnya.

“Kami sudah mengumpulkan beberapa saksi, termasuk istri dan anak korban. Karsono nekad mengakhiri hidupnya karena sudah hampir setahun mengidap penyakit ambien dan darah tinggi. Mungkin dia putus asa karena penyakit yang dideritanya tidak kunjung sembuh,” kata Soekirna. (PRA)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply