Kusnadi Terpilih Ketua HKTI Kota Banjar 2013-2018

21/12/2012 0 Comments

Siap fasilitasi kepentingan petani menuju Argopolitan

Banjar, (harapanrakyat.com),- Upaya untuk mensukseskan Banjar menjadi agropolitan termaju di Priangan Timur, Ketua terpilih Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (KHTI) Kota Banjar periode 2013-2018, Kusnadi, saat dihubungi HR, Selasa (18/12), mengatakan, dirinya akan mengadvokasi kepentingan petani, serta memfasilitasi tentang kebijakan-kebijakan pemerintah untuk pembangunan pertanian di Kota Banjar. Hal itu sesuai dengan visi Kota Banjar.

Menurut Kusnadi, mayoritas kegiatan perekonomian di Kota Banjar saat ini adalah kegiatan ekonomi berbasis pertanian, seperti perkebunan, peternakan, perikanan, dan lainnya. Kegiatan tersebut dapat dikembangkan lebih luas di masa depan, dan menjadi basis ekonomi kota yang kuat.

Sebagai agropolitan, kegiatan perekonomian Kota Banjar juga berpeluang dikembangkan lebih luas ke bidang bisnis berbasis pertanian (agrobisnis), seperti agroindustri, jasa-jasa pertanian, agrowisata, serta koleksi dan distribusi produk-produk pertanian.

“Untuk itu, pengembangan kegiatan pertanian sebagai basis ekonomi dapat menjadikan Kota Banjar menjadi pusat ekonomi di wilayah Priangan Timur, dengan tetap mempertahankan kultur gotong royong dan partisipasi masyarakat. Memang disisi lain dapat memodernkan diri, namun tetap harus memelihara keasrian dan keseimbangan ekosistem,” paparnya.

Perekonomian kota agribisnis yang berdaya saing bagi Kota Banjar dimungkinkan. Pasalnya, Banjar memiliki keunggulan sebagai kota pusat distribusi produk pertanian, serta tata letak geografis sebagai kota transit perdagangan antar kabupaten dan provinsi, dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Priangan Timur.

“Dengan demikian, maka harapan kami kedepan tentu akan berjalan sesuai dengan visi Kota Banjar tahun 2025. Semua itu tiada lain untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Kota Banjar,” pungkasnya. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!