Sekolah tak Berpenjaga jadi Target Maling

13/12/2012 0 Comments

Cipaku, (harapanrakyat.com),- Dua Sekolah Dasar Negeri dan satu SMP di wilayah Kecamatan Cipaku dibobol maling. Hampir seluruh peralatan komputer milik tiga sekolah tersebut raib. Kuat dugaan, kawanan pencuri sudah mengetahui kondisi sekolah yang tidak dipasang teralis dan penjaga sekolah itu.

Kepala SDN 4 Mekarsari, Oong Sunanto S.P.d, Senin (10/12), melalui telepon genggamnya, mengatakan, aksi pencurian di sekolahnya terjadi pada Kamis malam (6/12). Pencuri berhasil masuk melalui jendela belakang, kemudian menggasak seluruh peralatan komputer dan barang koperasi sekolah.

Menurut Oong, kerugian di SDN 4 Mekarsari mencapai jutaan rupiah. Sebelumnya, kata dia, aksi pencurian juga menimpa SDN 1 Mekarsari. Lagi-lagi, yang menjadi target pencuri adalah barang elektronik (computer) milik sekolah.

Namun demikian, Oong mengakui pihak sekolah belum sempat memasang pengamanan trailis di ruang komputer dan menyediakan tenaga penjaga sekolah. Dia juga mensinyalir kondisi itulah yang dimanfaatkan oleh sekawanan pencuri untuk beraksi.

Senada dengan itu, Kepala SMPN 2 Cipaku, H. Abdul Rohman  S.Pd, mengatakan, belum lama ini juga, aksi pencurian menimpa sekolahnya. Akibat aksi tersebut, sekolah kehilangan komputer, lcd dan infokus.

“Untuk mengantisipasi agar kejadian itu tidak terulang, sekarang pihak sekolah terpaksa mengadakan piket malam,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Ade Ridwan, Tokoh Masyarakat setempat, menyarankan agar setiap sekolah di wilayah Cipaku memiliki penjaga sekolah. Selain itu, pemasangan trailis besi pada jendela juga penting untuk menghindari aksi pencurian.

Apalagi, beberapa sekolah di Cipaku lokasinya jauh dari pemukiman warga taupun pusat keramaian. Dia juga berharap, Pemkab. Ciamis menyiapkan pengangkatan pegawai untuk penjaga sekolah. (dji)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!