Walikota Banjar Terima Penghargaan APN 2012

21/12/2012 0 Comments

Walikota DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM saat menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tingkat Nasional Kategori Pembina Ketahanan Pangan dari Menteri Pertanian yang diserahkan langsung di Istana Negara oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono di Istana Negara 14 Desember 2012. Foto : Humas Setda Kota Banjar.

Kota Banjar di bawah Walikota DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., di tahun 2012 ini kembali mendapat penghargaan baik di tingkat nasional maupun provinsi. Tercatat sebanyak 7 penghargaan yang telah diraih oleh Walikota Banjar selama tahun 2012.

Penghargaan dari Menteri Agama Republik Indonesia dalam rangka Hari Amal Bhakti Kementrian Agama RI ke-66 tahun 2012 kepada Walikota Banjar Dr.dr.H. Herman Sutrisno, MM  Penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam atas prestasi dan jasanya dalam memajukan Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan tingkat Nasional tahun 2012, merupakan penghargaan di awal tahun 2012.

Sedangkan di penghujung tahun tepatnya 14 Desember 2012, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., berhasil meraih prestasi gemilang yaitu Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tingkat Nasional Kategori Pembina Ketahanan Pangan dari Menteri Pertanian yang diserahkan langsung di Istana Negara oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono di Istana Negara.

Adhikarya Pangan Nusantara (APN) adalah Penghargaan dari Menteri Pertanian yang diberikan kepada petani/kelompok tani, pelaku usaha pangan, masyarakat umum dan aparat dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Penghargaan ini diterima atas perhatian dan jasa pada masyarakat dengan berbagai program dan  inovasi, serta kreasi dari pimpinan daerah yang berhasil memfasilitasi, mendorong, membimbing, juga memotivasi masyarakat dalam memperkuat ketahanan pangan di tingkat keluarga, regional maupun nasional, yang mampu mendorong dan memotivasi masyarakat. Sehingga masyarakat menjadi lebih aktif berprestasi dan berkreasi dalam pembangunan ketahanan pangan.

Kota Banjar berhasil mengembangkan ketahanan pangan di wilayah perkotaan, melalui peningkatan produksi padi 5,9 %, ubi jalar 23%, daging ayam 4,6 %, ikan 10,6 %. Kemudian, meningkatkan surplus pangan 11,15 ribu ton per tahun, penyediaan cadangan pangan pemerintah desa sekitar 1-2 ton.

Keberhasilan lainnya yakni meningkatkan sarana dan prasaran pertanian, antara lain pembuatan embung 5 buah untuk mengairi 50 Ha sawah, pompanisasi sawah tadah hujan untuk 87 Ha sawah, pembangunan jalan usaha tani sepanjang 236.67 meter dengan padat karya, serta memberikan dana talangan pupuk Rp. 450 juta, ADD (Alokasi Dana Desa) sebesar Rp.14,7 milyar, dan APBD untuk ketahanan pangan Rp.68.9 milyar tahun 2011.

Dengan jerih payah dan usaha yang sungguh-sungguh, serta komitmen kepala daerah bersama stakeholder, didukung pula oleh seluruh lapisan masyarakat yang berkaitan dengan usaha tersebut, Menteri Pertanian selaku Ketua Harian Dewan Ketahan Pangan, memberikan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tahun 2012 Kategori Pembina Ketahanan Pangan, kepada Walikota Banjar, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono, bertempat di Istana Negara, Jakarta, Jum’at 14 Desember 2012. Penghargaan tersebut diberikan sesuai dengan keputusan Menteri Pertanian Nomor 5993/Kpts/KF.450/11/2012.

Penghargaan diberikan kepada 10 Walikota/Bupati dan 6 Gubernur, diantaranya Walikota Kota Banjar dari Jawa Barat, Bupati Banyumas, Jawa Tengah, Bupati Madiun, Jawa Timur, Bupati Deli Serdang, Sumatera Utara, Bupati Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Bupati Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bupati Maluku Tenggara, dari Provinsi Maluku, Bupati Rokan Hulu, Riau, Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah, dan Walikota Bitung dari Provinsi Sulawesi Utara.

Sedangkan, untuk 6 Gubernur diantaranya, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Gubernur Lampung, dan Gubernur Sulwesi Selatan. (Adv)

Sejumlah penghargaan yang diterima Kota Banjar selama tahun 2012

  • 02 JANUARI 2012

Penghargaan dari Menteri Agama Republik Indonesia dalam rangka Hari Amal Bhakti Kementrian Agama RI ke-66 tahun 2012 kepada Walikota Banjar Dr.dr.H. Herman Sutrisno, MM  Penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam atas prestasi dan jasanya dalam memajukan Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan tingkat Nasional tahun 2012.

  • 11 JANUARI 2012

Penghargaan dari Presiden Republik Indonesia, kepada Kota Banjar, yang telah mampu meningkatkan “Produksi Beras Di atas 5 Persen”

  • 19 JANUARI 2012

Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat kepada Kota Banjar sebagai kota yang telah melaksanakan Program Raskin Tahun 2012.

  • 28 MEI 2012

Kota Banjar meraih Opini Wajar Tanpa Kecualian ( WTP ) atas LKPD Pemerintah Kota Banjar TA 2011 dari BPK RI.

  • 12 OKTOBER 2012

Penghargaan dari Gubernur Jabar kepada Walikota Banjar Berhasil dalam bidang Pembinaan Ketahanan Pangan  dalam rangka  Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-32 tingkat propinsi Jawa Barat tahun 2012.

  • 10 DESEMBER 2012

Penghargaan dari Majalah Nasional TEMPO, sebagai salah satu dari 7 Bupati dan Walikota terbaik se Indonesia versi Majalah TEMPO, terbit pada tanggal 10-16 Desember 2012.

  • 14 DESEMBER 2012

Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN)  Tingkat Nasional Kategori Pembina Ketahan Pangan dari Menteri Pertanian yang diserahkan langsung di Istana Negara oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono di Istana Negara.

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!