Workshop Jurnalistik Tingkatkan Minat Menulis Siswa

Workshop Jurnalistik Tingkatkan Minat Menulis Siswa

(SMAN 1 Banjarsari)

Banjarsari, (harapanrakyat.com),- SMA Negeri 1 Banjarsari menggelar workshop jurnalistik untuk yang ketiga kalinya. Pada kegiatan tersebut, pihak sekolah menghadirkan seorang narasumber, wartawan senior Pikiran Rakyat (PR), H. Achmad Setiyaji.

Kepala SMAN 1 Banjarsari, Drs. Tutuy Guntara, Minggu lalu, mengatakan, kegiatan workshop jurnalistik itu sengaja digelar untuk memabntu meningkatkan minat para siswa dalam tulis-menulis.

Tutuy berharap, di masa yang akan datang, akan lahir wartawan-wartawan handal dari SMAN 1 Banjarsari. Melalui kegiatan tersebut, kata dia, para siswa bisa mendapat pengalaman baru dan termotivasi untuk menjadi seorang jurnalis.

Arni, Siswi SMAN 1 Banjarsari, mengaku, kegiatan workshop jurnalis tersebut memberikan wawasan tentang bagaimana menjalani dan berkecimpung dunia jurnalis. Baik itu mulai merencanakan bahan pemberitaan hingga tahapan pencetakan.

Sementara itu, dalam pemaparannya, di hadapan puluhan siswa dan guru, Achmad Setiyaji menyampaikan, bahwa pekerjaan seorang jurnalis sangatlah menyenangkan. Menurutnya, jurnalis memiliki peranan penting dalam kehidupan bermasyarat.

Jurnalis atau pers, lanjut Ahmad Setiyaji, merupakan pilar keempat dalam demokrasi, yaitu sebagai kontrol sosial. Dalam tugasnya, seorang jurnalis harus mengedepankan  5W 1H (rumus memburu dan menulis berita).

“Hasilnya, tulisan berita harus berimbang dan tidak merugikan. Dan itu tertuang dalam UU Pers No 40 tahun 1999, atau kode etik jurnalis,” ungkapnya.

Pembina Medis Sulung SMAN 1 Banjarsari, Linlin Herlina, mengatakan, dengan kegiatan workshop jurnalistik tersebut, para siswa bisa termotivasi untuk bisa berkreasi dengan karya tulis-menulis. (ntang)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles