“Curug Tujuh” Berpotensi jadi Sumber PAD

“Curug Tujuh” Berpotensi jadi Sumber PAD

Panjalu, (harapanrakyat.com),- Wahana Wisata Curug Tujuh Cibolang Desa Sandingtaman Kec. Panjalu menjadi alternatif tujuan rekreasi masyarakat. Tempat itu banyak dikunjungi pengunung dari berbagai daerah, apalagi di hari-hari libur. Soalnya, di kawasan tersebut terdapat panorama alam curug dan area perkemahan.

Namun begitu, sayangnya akses infrastruktur jalan belum sepenuhnya mendukung keberadaan kawasan wisata tersebut. Dan hal itulah yang selama ini banyak dikeluhkan oleh para pengunjung.

Asep Yayat, pengunjung asal Panumbangan, Minggu (6/1), mengatakan, Wahana Wisata Curug Tujuh Panjalu perlu dikembangkan. Dan hal itu tergantung kemauan Pemerintah dan ketersediaan anggaran tentunya.

Menurut Asep, potensi wisata di Ciamis utara tidak hanya berada di Panjalu saja, melainkan tersebar di banyak wilayah. Dia yakin jika potensi-potensi tersebut ditata dan dikembangkan dengan baik, bisa menjadi sumber PAD baru bagi Pemkab. Ciamis.

Kades Sandingtaman, H. Uned, membenarkan akses jalan menuju kawasan Curug Tujuh sempit, sehingga tidak dapat dilalui kendaraan seperti Bus Pariwisata. Padahal, kata dia, kawasan Curug Tujuh juga menawarkan keindahan panorama hutan dan pegunungan.

Uned berharap, Pemkab. Ciamis mengalokasikan anggaran pembangunan akses jalan ke wilayah tersebut. Tujuannya agar jumlah pengunjung atau wisatawan bisa bertambah di kemudian hari.

Pengelola Wahana Wisata Curug Tujuh, Dedeh, mengatakan, di setiap hari libur dan tahun baru, kawasan Curug Tujuh selalu ramai oleh pengunjung. “Persentasenya selalu meningkat dibandingkan dengan hari-hari biasa,” ungkapnya.

Dedeh menuturkan, dia kawasan Wahana Wisata Curug Tujuh menawarkan rekreasi pendidikan dan penelitian. Tidaka hanya itu, di tempat tersebut juga bisa dijadikan area perkemahan. (dji)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles