(Dampak Pengalihan Jalur Lintas Selatan Jabar-Jateng) Infrastruktur Jalan di Langensari Rusak

10/01/2013 0 Comments

Imbas dari dialihkannya jalur utama lintas Selatan Jabar-Jateng via Langensari membuat infrastruktur jalan di beberapa titik mengalami kerusakan. Tampak bagian jalan yang rusak di sekitar Pasar Langensari. Foto : Pepep Riswanto Akbar/HR.

Langensari, (harapanrakyat.com),- Sejumlah infrastruktur jalan di wilayah Kec. Langensari, Kota Banjar, kini mengalami kerusakan cukup serius. Hal itu imbas dari dialihkannya jalur utama lintas Selatan Jabar-Jateng via Langensari, akibat adanya tebing yang longsor di Dusun Manggasari, Desa Panulisan, Kec. Dayeuh Luhur, Kab. Cilacap.

Menurut sejumlah warga, besar kemungkinan rusaknya jalan akibat banyaknya kendaraan besar yang melintas, seperti kondisi jalan di depan Pasar Langensari, fly over, dan di jalan di depan SMA Negeri 2 Banjar.

Leha, salah seorang warga, mengatakan, kerusakan jalan terjadi semenjak Langensari ramai dilalui kendaraan-kendaraan yang datang dari arah Jateng ke Jabar, begitu pula sebaliknya.

“Kerusakan paling parah terlihat di sekitar pasar, tepatnya depan terminal angkot. Sejak jalur dialihkan, banyak melintas truk tronton bermuatan berat membuat jalan jadi hancur, bagian aspalnya mengelupas,” kata Leha, kepada HR, Senin (7/13).

Hal senada diungkapkan Andri, salah seorang pedagang di Pasar Langensari. Dia mengatakan, bukan hanya di depan pasar saja yang rusak, tapi bagian jalan jembatan fly over yang belum lama dibangun pun kini mengalami penggeseran sekitar 5-10 centimeter.

Kemudian, pipa salurain air PDAM yang tertanam di bagian bawah jalan, tepatnya depan SMA Negeri 2 Banjar, juga mengalami kebocoran.

“Mungkin kebocoran pipa itu akibat beban kendaraan yang melintas di atasnya terlalu berat. Tapi menurut saya, kalau kualitas jalannya bagus, saya kira jalan tidak akan mudah rusak meski sering dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar dengan tonase berat,” ujar Andri.

Walau begitu, baik Leha maupun Andri berharap, pemerintah kota bisa segera memperbaikinya, agar kerusakan tersebut tidak melebar dan bertambah parah. (PRA)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!