Dewan Minta Potensi Sumber PAD Lebih Dioptimalkan

17/01/2013 Berita Ciamis
Dewan Minta Potensi Sumber PAD Lebih Dioptimalkan

Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meminta Pemkab. Ciamis mengoptimalkan potensi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Permintaan itu untuk memenuhi target pencapaian PAD di tahun 2013.

Ketua DPRD Kab. Ciamis, H. Asep Roni, Jum`at (11/2), mengatakan, PAD dari sektor pariwisata pantai sudah tidak mungkin lagi diraih. Namun begitu, Pemkab. Ciamis masih bisa menggali potensi lainnya seperti sector perparkiran, penginapan, dan restauran.

Asep Roni menilai, potensi PAD Kab. Ciamis saat ini sangat besar. Meski begitu, potensi-potensi sumber PAD tesebut perlu diberi perhatian dan dan dikembangkan secara maksimal.

Menurut Asep Roni, menciptakan sumber PAD baru bagi Pemkab. Ciamis cukuplah mudah, asalkan pemanfaatan dan penggalian potensi-potensi sumber PAD itu dilakukan dengan cara lebih serius.

Dia mencontohkan, potensi sumber PAD baru yang perlu dikembangkan dan diberi perhatian oleh Pemkab. Ciamis itu diantaranya, sektor pariwisata seperti Situ Lengkong, dan Wahana Wisata Curug Tujuh di Kec. Panjalu, serta Kawasan Wisata Hutan Kota dan Rest Area Karangkamulyan di Cijeungjing.

Senada dengan itu, Ketua Komisi II DPRD Kab. Ciamis, Ahmad Irfan Alawi, mengatakan, pihaknya sangat berhaap Pemkab. Ciamis bisa mendapatkan PAD sesuai dengan targetan yang sudah ditentukan.

Bahkan, dia menghimbau agar Pemkab. Ciamis bisa memperoleh PAD sesuai dengan potensi yang sebenarnya. “Jangan sampai terjadi ketimpangan antara jumlah PAD dengan jumlah potensi sumber PAD itu sendiri,” ungkapya.

Tidak hanya itu, Irfan juga menyoroti soal potensi PAD yang bisa diperoleh Pemkab. Ciamis dari kawasan Mega Wisata Waterpark Icakan yang berada di Desa Sukamulya Kec. Baregbeg. Dia menilai, objek wisata ini sudah sejak lama beroperasi, namun belum ditarik retribusi. (es)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles